Pelaksanaan Sholat Dhuha dalam Meningkatkan Keberhasilan Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Nurul Falah

  • Halimatus Sa'diyah Stai Cendekia Insani
Keywords: Sholat, Keberhasilan, Pendidikan, Islam, Dhuha

Abstract

SMP Islam Nurul Falah Tanjung Pecinan mangaran, mulai diterapkannya Shalat Dhuha pada tahun 2006 hingga sekarang telah banyak memberikan pengaruh dan pembinaan moral bagi siswa dan tentunya juga dengan adanya respon dari orang tua siswa. Rangkaian proses kegiatan sholat dhuha di SMP Islam Nurul Falah di awali dengan bunyinya bel masuk kelas setelah istrahat, siswa diminta untuk naik ke masjid jamik PP. Nurul Falah untuk ikut melaksanakan kegiatan sholat dhuha, pelaksanaan kegiatan sholat dhuha ini sekitar jam 09.30 WIB yang merupakan ketetapan SMP Islam Nurul Falah yang dilaksanakan di masjid Jamik PP. Nurul Falah. Sedangkan beberapa faktor pendukung peningkatan keberhasilan Pendidikan Agama Islam siswa melalui kegiatan sholat dhuha di SMP Islam Nurul Falah Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah peran aktif Guru,  Siswa sendiri yang menjadi objek dari pelaksanaan kegiatan sholat dhuha, dukungan Pihak yayasan/ pengurus pesantren, dan dukungan dari orang tua siswa sedangkan faktor Penghambatnya yaitu adanya siswa yang nakal yang membutuhkan penanganan khusus, siswa yang IQ-Nya rendah dan tidak semua guru berkomitmen mendukung kegiatan ini.
Published
2021-03-20
How to Cite
Sa’diyah, H. (2021). Pelaksanaan Sholat Dhuha dalam Meningkatkan Keberhasilan Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Nurul Falah. Nusantara Journal of Islamic Studies, 2(1), 38-44. https://doi.org/10.54471/njis.2021.2.1.38-44
Section
Articles