Islamic Education Empowerment

Tinjauan Strategi Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam MA Ma’arif Ambulu Jember

  • Imam Wahyono Institut Agama Islam Ibrahimy, Banyuwangi
  • Imam Baidawi Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani, Situbondo

Abstract

Pemberdayaan Pendidikan Islam yang dilakukan di sejumlah madrasah sangat penting dalam menjamin keharmonisan dan mutu peradaban masyarakat Indonesia. Penelitian berupaya mengurai upaya pemberdayaan pendidikan Islam di MA Ma’arif Ambulu Jember. MA Ambulu sebagai madrasah dirintis oleh Nahdlatul Ulama’ tentu juga memiliki akar budaya keagamaan budaya agama yang kuat di Indonesia. Fokus kajian ini menyoroti bagaimana strategi, langkah dan faktor-faktor pemberdayaan pendidikan agama Islam?. Penelitian dilakukan dengan mixed method. Konklusi dari temuan penelitian ini menyatakan bahwa strategi dilakukan dengan berbasis pada profesionalitas guru. Langkah-langkahnya adalah menjamin adanya orientasi, relevansi, efisiensi, efektifitas, fleksibilitas dan interitas. Sedangkan faktor yang mempengaruhi adalah seluruh yang berkenaan dengan out put pendidikan Islam
Published
2023-03-28
How to Cite
Wahyono, I., & Baidawi, I. (2023). Islamic Education Empowerment: Tinjauan Strategi Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam MA Ma’arif Ambulu Jember. Nusantara Journal of Islamic Studies, 4(1), 1-17. https://doi.org/10.54471/njis.2023.4.1.1-17
Section
Articles