PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS NURUL HUDA TAHUN 2022/2023

  • Rovita STAI Cendekia Insani, Situbondo
  • Isro Puad STAI Cendekia Insani, Situbondo, Indonesia
Keywords: Motivasi, Belajar, Prestasi, Siswa, Fiqh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui sejauhmana Hubungan Motifasi Belajar Siswa Dengan Prestasi Siswa Pada Mata pelajaran Fikih di MTS Nurul Huda  Jumlah Sampel yang Digunakan Penelitian ini sebanyak 23 siswa, diambil dari seluruh siswa kelas VIII, yang digunakan untuk mengumpulkan data variabel X dan Y dengan menggunakan angket. Berdasarkan hasil uji validitas yang telah diolah mengggunakan bantuan program SPSS 22. bahwa diketahui semua item angeket motivasi belajar siswa dinyatakan valid dikarenakan rhitung > rtabel yaitu 0,413. Berdasarkan hasil uji t berbantuan SPSS 22.0 for windows menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,653 dan dengan nilai signifikansi sebesar 0,015 dimana nilai tersebut lebih kecil dari taraf nyata (ï¡) 0,05, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTS Nurul Huda Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023..
Published
2024-07-23
How to Cite
Siti Rovita, & Puad, I. (2024). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS NURUL HUDA TAHUN 2022/2023. Nusantara Journal of Islamic Studies, 4(2), 42-57. https://doi.org/10.54471/njis.2023.4.2.42-57
Section
Articles