HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PAI

  • Hasiyatiningsih STAI Cendekia Insani, Situbondo
  • Lukman Nul Hakim STAI Cendekia Insani, Situbondo

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keefektifan dalam pembelajaran. Seorang peserta didik akan belajar dengan baik apabila ada faktor pendorongnya yaitu motivasi belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar PAI siswa kelas VII di SMP Islam Nurul Falah Tahun Pelajaran 2023/2024.Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian Ex Post Facto. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel penelitian adalah 40 siswa kelas VII di SMP Islam Nurul Falah dalam pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Simple Cluster Sampling, Teknik pengumpulan datanya meliputi angket dan dokumentasi sedangkan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini dapat uji dengan korelasi berbantuan SPSS 22.0 for windows. Dengan taraf signifikansi 0,05 untuk penentuan kriteria penerimaan dan penolakan. Pengujian ini digunakan rumus korelasi product moment. Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai rhitung pada Pearson Correlation untuk uji hipotesis ini sebesar 0,433. Sementara itu nilai pada rtabel distribusi 5% atau 0,05 sebesar 0,312, maka rhitung 0,433 > rtabel 0,312. Berarti motivasi belajar mempunyai korelasi yang positif. Hal ini juga diperkuat dengan nilai signifikan yaitu sebesar 0,005 dimana nilai tersebut lebih kecil dari taraf nyata (a) 0,05, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar PAI siswa kelas VII di SMP Islam Nurul Falah Tahun Pelajaran 2023/2024.  
Published
2024-07-23
How to Cite
Hasiyatiningsih, & Lukman Nul Hakim. (2024). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PAI. Nusantara Journal of Islamic Studies, 4(2), 81-88. https://doi.org/10.54471/njis.2023.4.2.81-88
Section
Articles