Pengaruh Produk Terhadap Minat Beli Masyarakat Di Toko Basmallah Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember
Abstract
Abstrak: Salah satu usaha yang dominan mewarnai perkembangan ekonomi yang ada di indonesia saat ini yaitu bisnis Riteil. Salah satu perusahaan riteil terbesar di Indonesia yaitu Indomaret dan Alfamaret. Persaingan dua perusahaan raksasa di Indonesia ini berlangsung sangat ketat, sehingga sangat sulit bagi pesaing baru untuk masuk kedalam pasar periteilan. Namun, disamping persaingan yang ketat tersebut, ada perusahan ritel yang mampu bersaing dengan penjualan berbasis islam yang tersebar di jawa timur. Perusahaan ritail ini milik pesantren yang tergabung dalam koperasi pondok pesantren sidogiri yaitu dengan sebutan toko Basmallah dimana toko ini mengusung sistem syariah atau islam. Fokus dalam penelitian ini adalah apakah produk memiliki pengaruh terhadap minat beli masyarakat di toko Basmallah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan Statistik uji parsial pengaruh Produk terhadap minat beli memiliki nilai signifikasi sebesar 0,001 ˂ 0,05 dan nilai thitung sebesar 3.509 ˃2,011 rtabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh signifikan produk terhadap minat beli dinyatakan diterima. Artinya variabel produk memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli di toko Basmallah kecamatan sumberjambe kabupaten jember. Keyword: Produk, Minat Beli, Toko Basmalah
Published
2020-09-25
How to Cite
Anam, K., & Sholikhah, V. (2020). Pengaruh Produk Terhadap Minat Beli Masyarakat Di Toko Basmallah Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. LAN TABUR : Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 16-28. https://doi.org/10.53515/lantabur.2020.2.1.16-28
Section
Articles