Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aurora pada mata pelajaran PAI Kelas IX di SMPN 1 Mantup Lamongan
Abstract
Pengembangan media pembelajaran Audio Visual berbasis Aurora 3D pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMPN 1 Mantup Lamongan ini didasarkan pada kenyataan bahwa keberadaan guru masih sedikit menggunakan media pembelajaran audio visual yang mempunyai spesifikasi berbasis Multimedia, lebih lanjut penelitian ini dilakukan sebagai jawaban akan tantangan internal Pendidikan Agama Islam yakni minimnya keinginan untuk mengembangkan media pembelajaran khususnya bagi para pendidik atau guru dan jawaban akan tantangan eksternal Pendidikan Agama Islam, yaitu dengan mendekatkan pendidikan kita dengan zaman globalisasi yang lebih mengedepankan aspek teknologi informasi yang serba cepat, praktis, efektif dan menyenangkan. Dalam penelitian pengembangan ini, model pengembangan yang digunakan adalah model R&D Borg dan Gall yang telah disederhanakan dengan beberapa langkah, yaitu (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan (2) mengembangkan produk (3) validasi ahli dan revisi (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Adapun hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) telah berhasil menjelaskan dengan detail prosedur pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis Mutimedia Aurora 3D dan (2) produk pengembangan ini telah terbukti menarik dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang didasarkan pada hasil angket yang didapat dari tanggapan penilaian guru Pendidikan Agama Islam sebesar 93% (sangat baik), tanggapan siswa kelas IX SMPN 1 Mantup Lamongan sebesar 91 % (sangat baik).References
Arsyad Azhar., 2002., Media Pembelajaran, Cet. IV, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,
Azhar Arsyad., 2007., Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ali Nashif Mansur, 2002., Mahkota Pokok-Pokok Hadits Rasulullah Saw. Jilid 1, Bandung: Sinar Baru.
Arikunto Suharsimi., 2006., Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin M., 1994., Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Al-Qur’an dan Tarjamah, 2005., Bandung: CV J-ART.
B. Uno Hamzah., 2008., Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Belawati Tian., Materi Pokok Pengembangan Bahan Ajar, Jakarta: Universitas Terbuka.
Communications and Technology., USA: Macmilan Library.
Daradjat Zakiah., 1992., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Daradjat Zakiah., 1992., Ilmu Jiwa Agama, Bulan Bintang, Jakarta: Bumi Aksara.
Djumransjah, Abdul Malik K.A, 2007., Pendidikan Islam Menggali Tradisi, Mengukuhkan Eksistensi, Malang: UIN-Malang Press.
Djumransjah, 2004., Filsafat Pendidikan, Malang: Bayumedia Publisihing
Daryanto, 2010., Media Pembelajaran., Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas, 2003., Kurikulum 2004 Standar Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah, Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang.
Depdiknas., 2006. Standar Isi: Keputusan Menteri No. 22, 23, 24. Jakarta: BSNP.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, 2006., Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional,
Hamalik Oemar., 1994., Media Pendidikan, Cet VII, Bandung: PT. Citra Aditya Bhakti.
Hamalik Oemar., 1976., Media Pendidikan, Bandung: CV Alumni.
Kurniawati Ayu, 2011., Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Microsoft Power Point, Yogyakarta: UIN Yogyakarta.
Mansyur dkk, 1981., Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: CV Forum.
Muhaimin, dkk., 1996., Strategi Belajar (Penerapan Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam), Surabaya: CV.Citra Media.
Mujib Abdul., Jusuf Mudzakkir., 2006 Ilmu Pendidikan Islam., Jakarta: Kencana Prenada Media.
Rachman Shaleh Abdul, 2006., Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa, Jakarta: Raja Grafindo Persada,.
Rasyid Ridha Muhammad., 1373 H ., Tafsir al-Manar, Kairo: Dar al-Manar.
Rohani Ahmad, 1997., Media Intuksional Edukatif, Cet. I, Jakarta: PT Rineka Cipta.
R.Walter Borg, Gall Meredith D., 1989, Educational Research;An Introduction, Fifth Edition, New York: Longman.
Syafaat Aat, Sahrani Sohari, 2008., Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency), Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sadiman Arif., dkk., 2003., Media Pengajaran: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Ed. I. Cet. III, Jakarta: PT Raja Garfindo Persada,
Sudjana Nana, Rivai Ahmad., 2003., Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana Nana., 1991., Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.
Sudjana Nana., 2005., Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syaodih Sukmadinata Nana, 2011., Metode Penelitian Pendidikan., Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2008., Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D., Jakarta: Alfhabeta.
Sutiah., 2008., Pengembangan Model bahan Ajar Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan karakter dengan Pendekatan Kontestual di SMA Kelas X Kota Malang, Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Progam Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang.
Shalahudin Mahfud., 1986., Media Pendidikan Agama, Surabaya: PT Bina Ilmu.
Tata Pangarsa Humaidi., 1974., Metode Pendidikan Agama Islam, Malang: Lembaga Penerbitan Almamater YPTP IKIP Malang.
Undang- undang RI No 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS.
Yasin Fatah, 2008., Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, Malang: UIN Press.
Yunus Mahmud., 1983., Metode Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: Hidakarya.
Yunus Mahmud., 1973., Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: YP3A.
Zuhairini., Abdul Ghofir., 2004., Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Malang: UM Press.
http://www.presentation-3d.com/products/presentation-3d.html
Wikipedia, Laboratorium, http;//id.wikipedia.org/wiki/laboratorium