Konsep Belajar dalam Surat al-‘Alaq Ayat 1-5 dan Implementasinya dalam Mempelajari Sains dan Teknologi

  • Abdul Khakim Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Persatuan Guru Republik Indonesia Pasuruan, Indonesia
Keywords: Concept of Learning, Science and Technology, Al-'Alaq Verses 1-5

Abstract

In Surat al-'Alaq verses 1-5 the first descend to the Prophet Muhammad is basically a form of command to pay attention to knowledge. This is because knowledge is a very important role for humans, so the letter al-'Alaq more use the word iqra 'and al-qalam. Admittedly or not, both are very important role in the learning process, especially in studying science and technology. In studying science and technology, reading does not just look at notes. But further than that it is to read the asthma and glory of God, read genetic technology, read communications technology, and read all unread, so that by reading this happens a change, either the change of knowledge from not knowing to be know or even to the change of behavior and attitudes that are the hallmark of a successful learning activity.

References

Abduh, Muhammad. 1999. Tafsir Al-Qur’an Al-Karim (Juz ‘Amma). Terjemah Muhammad Bakir, Tafsir Juz ‘Amma, Muhammad Abduh Bandung : Mizan.
Abdul Fatah, Rohadi dan Sudarso. 1992.Ilmu dan Teknologi dalam Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Al-Qardhawi, Yusuf.1989. Metode dan Etika Pengembangan Ilmu Perspektif Sunnah. Bandung : Rosda.
Al-Touumy al-Syaibany, Omar Mohammad.Falsafah Pendidikan Islam, alih bahasa: Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, T.th.
Asnawi, Muh dkk. 2004. Qur'an Hadits Untuk Madrasah Aliyah Kelas X. Semarang: C.V. Gain & Son.
Bastaman, Hanna Djumhana. 2001. Integrasi Psikologi dengan Islam, Menuju PsikologiIslami.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dikutip dari buku yang ditulis oleh: Shafique Ali Khan. 2005. Filsafat Pendidikan Al-Ghazali, Terjemahan. Syafei. Bandung: Pustaka Setia.
Golshani, Mehdi. 2003. Filsafat Sains Menurut Al-Qur'an.Bandung : Mizan.
H.A. Ludjito, dkk. 1996. Reformulasi Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hilgard, Ernest R dan H. Bower, Gordon. 1966. Theories Of Learning. New York: Aplseton-Centure-Crofts.
Ismail, Gazali. 1990. Al-Qur'an Perspektifnya Terhadap Sains dan Teknologi Ethos KerjaGenerasi Muda dan Profil Ulama Zaman Modern. Padang: Angkasa Raya.
Jalal, Abdul Fatah. Azas-Azas Pendidikan Islam. Bandung: Cv Diponegoro, Tth.
Nilna Iqbal, Pengkultusan Sains dan Teknologi, http://nilnaiqbal.wodpress.com, tanggal akses 13 Oktober 2017. Pukul. 20.35
Pasya, Ahmad Fuad. 2004. Dimensi Sains Al-Qur'an Menggali Ilmu Pengetahuan Dari Al-Qur'an. Solo: Tiga Serangkai.
Poedjiadi, Anna. 2005. Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran KontekstualBermuatan Nilai, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Shihab, Quraish. 2004. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur'an. Jakarta: Lentera Hati.
Sholih 'Abdul 'Aziz dan 'Abdul 'Aziz 'Abdul Majid. Al-Tarbiyah Waturuqu Al-Tadris, T.kp: Dar-Al Ma'arif , T.th.
Solihin.2001. Epistimologi Ilmu dalam Sudut Pandang Al-Ghazali. Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana, Nana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Syah, Jalinus dkk.1993. Kamus Besar Pelajar kata Serapan Bahasa Indonesia.Jakarta: Rineka Cipta.
Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Wardana, Wisnu Arya. 2004. Al-Qur'an Dan Energi Nuklir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yatim,Wildan.Biologi Modern Pengantar Biologi. Bandung: Tarsito, T.th.
Zar, Sirajuddin. 1997. Konsep Penciptaan Alam dalam Pemikiran Islam, Sains dan Al-Qur'an.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Published
2018-04-06
How to Cite
Khakim, A. (2018). Konsep Belajar dalam Surat al-‘Alaq Ayat 1-5 dan Implementasinya dalam Mempelajari Sains dan Teknologi. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 3(01), 79-96. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/3134
Section
Articles