تطوير المادةالتعليمية على أساس التعاون التكاملي بين القراءة والتركيب لترقية مهارة القراءة بمدرسة تنوير الإسلام المتوسطة سمبانج مادورا- جاوى الشرقية

تطوير المادةالتعليمية على أساس التعاون التكاملي بين القراءة والتركيب لترقية مهارة القراءة بمدرسة تنوير الإسلام المتوسطة سمبانج مادورا- جاوى الشرقية

  • Moh. Hasyim Asy'ari Sekolah Tinggi Agama Islam Nata Sampang Madura Jawa timur Indonesia
Keywords: Pengajaran, kemahiranmembaca, Cooperative Integrated Reading and Composition

Abstract

Topik penelitian ini adalah “Pengembangan MateriBerbasis Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC)untuk Keterampilan Qiro’ah di MTs Tanwirul Islam Sampang MaduraJawa  timurâ€.MTs Tanwirul Islam menetapkan pembelajaran keterampilanQiro’ah pada hari Selasa jam 2 dan 3. Dalam penerapannya MTs Tanwirul Islam menghadapi beberapa permasalahan, di antaranya: 1.Model pembelajaran yang digunakan guru di dalam kelas kurang efektif seperti model pempelajaran ceramah sehingga tidak adanya keikut sertaan siswa dalam proses pembelajaran yang menyebabkan siswa merasa bosan dan pembelajarannya menjadi tidak efektif, 2.Materi ajar untuk kemahiranberbicara bahasa Arab yang digunakan selama ini masih bersifat konvesional. Dan penulis mencoba memecahkan permasalahan ini dengan Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC). Karena Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC) adalah model pembelajaran yang efektik dan memudahkan siswa untuk memahami teks qiroah.. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1.Untuk memahami cara mengembangkan Materi Ajar dengan Asas Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC)untuk Keterampilan Qiro’ah, 2.Untuk memahami karakteristik Materi Ajar dengan Asas Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC)untuk Keterampilan Qiro’ah, 3.Untuk memahami sejauh mana efektivitas Materi Ajar dengan Asas Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC)untuk Keterampilan Qiro’ah. Dalam penulisan jurnal ini peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Yaitu, sebuah metode yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji efektivitas produk. Untuk menyelesaikan penelitian ini peneliti menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1.Penelitian ini terselesaikan dengan langkah-langkah berikut: penelitian pendahuluan, pengumpulan data, desain produk, validasi ahli, revisi produk, uji produk kelompok kecil, revisi produk, uji efektivitas, penyempurnaan produk akhir, dan diseminasi, 2.Adapun karakteristik dari buku ajar ini adalah: nama buku “Ayo Belajar Bahasa Arabâ€. Buku ini terdiri dari kosakata, teks bacaan, evaluasi, tata bahasa serta permainan bahasa, 3.Hasil dari Asymp.sig.(2tailed) bernilai 0,001 karena nilai 0,001 lebih kecil dari <0,05 maka disimpulkan Ha diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan Post-tes. yang artinya materi ajar yang dikembangkan memiliki pengaruh yang sangat besar (signifikan) atau sangat efektif untuk keberhasilan pembelajaran Qiro’ah.

References

Ahmad Warson Munawir dan Muhammad Fairuz, Al- Munawwir: Kamus Indonesia-Arab (Yogyakarta: Pustaka progresif, 2007).
Burhan Nurgiyantoro, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah (Yogyakarta: BPFE, 1998).
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: PT, 2015).
Robert E. Slavin, Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, (Bandung: Nusa Media,2010).
Published
2018-10-07
How to Cite
Asy’ari, M. H. (2018). تطوير المادةالتعليمية على أساس التعاون التكاملي بين القراءة والتركيب لترقية مهارة القراءة بمدرسة تنوير الإسلام المتوسطة سمبانج مادورا- جاوى الشرقية: تطوير المادةالتعليمية على أساس التعاون التكاملي بين القراءة والتركيب لترقية مهارة القراءة بمدرسة تنوير الإسلام المتوسطة سمبانج مادورا- جاوى الشرقية. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 3(2), 64-74. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/3208