Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Prodi PAI Di Universitas PGRI Wiranegara

  • Muamanah Dewi, M.Ma’ruf Fakultas Agama Islam, Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan Jawa Timur Indonesia
Keywords: Keaktifan berorganisasi, Kemampuan berpikir kritis, Prestasi akademik

Abstract

Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa setidaknya memiliki lima peran dalam hidupnya. Disinilah peran organisasi menjadi salah satu solusinya. Ada juga kemampuan berpikir kritis yang menitikberatkan pada kemampuan menganalisis dan menyusun argumen secara logis. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keaktifan berorganisasi dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi akademik mahasiswa prodi PAI di Universitas PGRI Wiranegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuantitatif korelasi yaitu jenis penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antar variabel yang sedang diteliti. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan program SPSS versi 23, diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antar ketiganya. Pada hipotesis pertama, diketahui bahwa ada pengaruh antara keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik sebesar 25,7%. Pada hipotesis kedua, diketahui bahwa ada pengaruh antara kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi akademik sebesar 22,8%. Pada hipotesis ketiga, diketahui bahwa ada pengaruh antara keaktifan berorganisasi dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi akademik sebesar 26,2%.

References

Rujukan dari Buku
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cozby, P.C. 2009. Methods in Behavioral research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fisher, Alec. 2008. Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.
Sanjaya. 2015. Model Pengajaran dan Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita. 2020. SPSS vs Lisrel: Sebuah Pengantar, Aplikasi Untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyanto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Depdikbud.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rujukan dari Artikel di Internet
LL Dikti 8. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi”. https://lldikti8.ristekdikti.go.id/2019/02/05/undang-undang-republik-indonesia-nomor-12-tahun-2012-tentang-pendidikan-tinggi/. Diakses pada 4 November 2022.
Published
2023-10-29
How to Cite
M.Ma’rufM. D. (2023). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Prodi PAI Di Universitas PGRI Wiranegara. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 8(2), 52-66. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/5723