Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Sekolah

  • Jakaria Umro, Nurhasan Universitas PGRI Wiranegara (UNIWARA) Pasuruan, Indonesia
Keywords: Implementasi, Nilai, Moderasi, Beragama

Abstract

ABSTRAK: Implementasi nilai-nilai moderasi beragama di sekolah merupakan suatu upaya penting dalam membentuk karakter siswa yang berlandaskan toleransi, penghargaan terhadap perbedaan, dan kesederhanaan dalam beragama. implementasi nilai-nilai moderasi beragama di sekolah, yaitu melalui proses pembelajaran, kebiasaan di sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler. Proses pembelajaran mencakup penyampaian materi yang menekankan pentingnya toleransi antaragama, penghargaan terhadap keberagaman, serta praktik-praktik ibadah yang moderat. Selain itu, kebiasaan di sekolah seperti adanya waktu doa bersama dan kegiatan-kegiatan yang menghormati keberagaman juga menjadi bagian integral dari implementasi nilai-nilai moderasi beragama. Selanjutnya, kegiatan ekstrakurikuler yang didesain untuk meningkatkan pemahaman agama secara seimbang dan mempromosikan dialog antaragama dapat menjadi sarana efektif dalam menginternalisasi nilai-nilai moderasi beragama di kalangan siswa. Dengan demikian, implementasi nilai-nilai moderasi beragama di sekolah bukan hanya menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, tetapi juga membantu membentuk generasi yang dapat hidup berdampingan dengan damai di tengah perbedaan agama.

References

Akhmadi, Agus. 2019. “Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity,” Jurnal Diklat Keagamaan 13(2): 45–55.
Arif, Muhammad. 2021. “Menginternalisasikan Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember,” Sekolahku.Web.Id. https://mtsn10jbr.sch.id/read/10/menginternalisasikan-nilai-nilai-moderasi-beragama-di- madrasah-tsanawiyah-negeri-10-jember.
Darmayanti and Maudin. 2021. “Pentingnya Pemahaman Dan Implementasi Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Generasi Milenial”. Syattar: Studi Ilmu-ilmu Hukum dan Pendidikan 2(1): 40-51.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dan Kementerian Agama REpublik Indonesia. Direktorat KSKK Madrasah, Panduan Implementasi Moderasi Beragama Di Madrasah (Jakarta, 2021). Hlm. 9
Hasan, Mustaqim. 2021. “Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa,” Jurnal Mubtadiin 7(2): 111–123.
Nisa, Muria Khusnun. 2021. “Moderasi Beragama: Landasan Moderasi dalam Tradisi Berbagai Agama dan Implementasi di Era Disrupsi Digital,” Jurnal Riset Agama 1(3): 79–96.
Nurdin, Fauziah. 2021. “Moderasi Beragama Menurut Al-Qur’an Dan Hadist.” Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah Vol. 18(1): 61-67.
Passalowangi, Jaya Alam. 2021. “E-Councelling Dalam Menangani Kasus Bullying Di Sekolah,” Jurnal Sipatokkong 1(2): 137–142.
Rahmat Hidayat, Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah. 2019. n.d.Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”, Medan: Mumtaz Advertising. Hlm. 23-24.
Rifky Serva Tuju, Babang Robandi, and Donna Crosnoy Sinaga. 2022. “Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Sekolah Tinggi Teologi Di Indonesia,” Jurnal Teologi Berita Hidup 4(2): 282–293.
Samsul, A. R. 2020. “Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama,” Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies 3(1): 37–51.
Sukitman, Tri. 2016. “Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia yang Berkarakter),” JPSD : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 2(2): 88.
Published
2024-04-26
How to Cite
Nurhasan, J. U. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Sekolah. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 9(1), 152-163. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/6053