Optimalisasi Penguatan Kecerdasan Spiritual Dan Pembangunan Nilai-Nilai Islam Moderat Di Madrasah Aliyah

  • Muzammil . Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Indonesia
Keywords: Kecerdasan Spiritual, Nilai Islam Moderat, Madrasah Aliyah

Abstract

Abstrak: Pendidikan di Madrasah Aliyah memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan nilai-nilai keislaman yang moderat di kalangan generasi muda. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi optimal dalam memperkuat kecerdasan spiritual dan membangun nilai-nilai Islam moderat di lingkungan Madrasah Aliyah. Melalui tinjauan literatur yang cermat dan analisis konseptual mendalam, artikel ini mengidentifikasi beberapa pendekatan yang dapat diterapkan untuk mencapai tujuan tersebut. Strategi-strategi tersebut mencakup pengembangan kurikulum yang terintegrasi dengan prinsip-prinsip keislaman moderat, pembinaan staf pengajar yang berkualitas serta pemimpin pendidikan yang visioner, serta penciptaan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung. Selain itu, artikel ini juga menguraikan beberapa tantangan yang mungkin dihadapi dalam implementasi strategi-strategi tersebut, sekaligus menawarkan beberapa peluang yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efektivitas pendidikan di Madrasah Aliyah. Dengan mempertimbangkan pentingnya harmoni antara kecerdasan spiritual dan nilai-nilai Islam moderat, artikel ini diharapkan memberikan pandangan yang bermanfaat bagi para praktisi, peneliti, dan pembuat kebijakan dalam upaya mereka memperkuat pendidikan Islam yang moderat dan progresif di Madrasah Aliyah.

References

Amar, A. (2018). NILAI ISLAM WASATHIYAH-TOLERAN DALAM KURIKULUM MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN. Cendekia, 10(02).
Anan, A. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Konsep Emotional Spiritual Quotient. Al Murabbi, 3(2).
Anwar, R. N., Prasetyaningrum, L. I., Janna, M., & Ramadani, M. P. (2021). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PENINGKATAN SIKAP MODERAT SISWA DI SEKOLAH. Staispa.
Atmanto, N. E., & Muzayanah, D. U. (2020). The Attitude of Religious Tolerance among Students at Madrasah Aliyah in Kendal Regency, Central Java. Smart, 6(2). https://doi.org/10.18784/smart.v6i2.1113
Febriana, L., Aziz Mustamin, A., & Nava Sari, T. (2022). Implikasi Konsep Insan Kamil Ibnu Arabi terhadap Pendidikan Islam Berkemajuan. C-Tiars, 1(1). http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/lc-TiaRS/
Hadi Wardoyo, E. (2019). PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK. Sumbula, 4(1).
Haryanto, S., Rizky, S., & Fadhillah, M. (2023). KONSEP SQ: KECERDASAN SPIRITUAL DANAH ZOHAR DAN IAN MARSHAL DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PEMBELAJARAN PAI. Paramurobbi, 6(1).
Hasan, M. (2021). PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA PESERTA DIDIKMELALUI AKTIVITASKEAGAMAAN. Mubtadiin, 7(2). https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadii
Hermawan, M. A. (2020). NILAI MODERASI ISLAM DAN INTERNALISASINYA DI SEKOLAH. Insania, 25(1).
Kasdi, A. (2019). Reconstruction of fiqh Nusantara: Developing the Ijtihad methodology in formulating fiqh from Indonesian perspective. Qudus International Journal of Islamic Studies, 7(2), 239–266. https://doi.org/10.21043/qijis.v7i2.4797
Muflichatul Matwaya, A., & Zahro, A. (2020). Konsep Spiritual Quotient Menurut Danah Zohar dan Ian Marshall Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Attadrib, 3, 41–48.
Qoni’ah, S. (2019). PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA PESERTA DIDIKMELALUI AKTIVITASKEAGAMAAN. AHSANA MEDIA, 5(1). http://journal.uim.ac.id/index.php/ahsanamedia
Saputra, M. N. A., Mubin, M. N., Abrori, A. M., & Handayani, R. (2021). Deradikalisasi Paham Radikal di Indonesia: Penguatan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Moderasi. Al-Thariqah, 6(2), 282–296. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).6109
Saputra, R., & Barikah, A. (2021). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI. Riyadloh, 4(1).
Sidiq, R. M., & Saputra, W. (2023). Pengaruh Teori Etika Kebajikan Aristoteles Terhadap Penanganan Kenakalan Remaja Di Indonesia. Nusantara, 1(2).
Tinggi, S., Islam, A., & Surabaya, Y. (2019). Kecerdasan Spiritual Anak; Dimensi, Urgensi dan Edukasi Siti Sofiyah. El Banat, 9(2).
Yuliani, F., Wijaya, A., & Mida Hayati, R. (2024). Pembelajaran Aswaja Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik MA Ma’arif Roudlotut Tholibin Kota Metro. In Pendidikan Islam (Vol. 13).
Yulianto, R. (2020). IMPLEMENTASI BUDAYA MADRASAH DALAM MEMBANGUN SIKAP MODERASI BERAGAMA. Edukasia, 1(1).
Published
2024-04-29
How to Cite
., M. (2024). Optimalisasi Penguatan Kecerdasan Spiritual Dan Pembangunan Nilai-Nilai Islam Moderat Di Madrasah Aliyah. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 9(1), 164-179. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/6058