Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Sekolah

  • Jakaria Umro, Nurhasan Universitas PGRI Wiranegara (UNIWARA) Pasuruan, Indonesia
Keywords: Implementasi, Nilai, Moderasi, Beragama

Abstract

Implementasi nilai-nilai moderasi beragama di sekolah merupakan suatu upaya penting dalam membentuk karakter siswa yang berlandaskan toleransi, penghargaan terhadap perbedaan, dan kesederhanaan dalam beragama. implementasi nilai-nilai moderasi beragama di sekolah, yaitu melalui proses pembelajaran, kebiasaan di sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler. Proses pembelajaran mencakup penyampaian materi yang menekankan pentingnya toleransi antaragama, penghargaan terhadap keberagaman, serta praktik-praktik ibadah yang moderat. Selain itu, kebiasaan di sekolah seperti adanya waktu doa bersama dan kegiatan-kegiatan yang menghormati keberagaman juga menjadi bagian integral dari implementasi nilai-nilai moderasi beragama. Selanjutnya, kegiatan ekstrakurikuler yang didesain untuk meningkatkan pemahaman agama secara seimbang dan mempromosikan dialog antaragama dapat menjadi sarana efektif dalam menginternalisasi nilai-nilai moderasi beragama di kalangan siswa. Dengan demikian, implementasi nilai-nilai moderasi beragama di sekolah bukan hanya menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, tetapi juga membantu membentuk generasi yang dapat hidup berdampingan dengan damai di tengah perbedaan agama. Kata kunci: Implementasi, Nilai, Moderasi, Beragama

References

Akhmadi, Agus. 2019. “Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity,” Jurnal Diklat Keagamaan 13(2): 45–55.
Arif, Muhammad. 2021. “Menginternalisasikan Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember,” Sekolahku.Web.Id. https://mtsn10jbr.sch.id/read/10/menginternalisasikan-nilai-nilai-moderasi-beragama-di- madrasah-tsanawiyah-negeri-10-jember.
Darmayanti and Maudin. 2021. “Pentingnya Pemahaman Dan Implementasi Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Generasi Milenial”. Syattar: Studi Ilmu-ilmu Hukum dan Pendidikan 2(1): 40-51.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dan Kementerian Agama REpublik Indonesia. Direktorat KSKK Madrasah, Panduan Implementasi Moderasi Beragama Di Madrasah (Jakarta, 2021). Hlm. 9
Hasan, Mustaqim. 2021. “Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa,” Jurnal Mubtadiin 7(2): 111–123.
Nisa, Muria Khusnun. 2021. “Moderasi Beragama: Landasan Moderasi dalam Tradisi Berbagai Agama dan Implementasi di Era Disrupsi Digital,” Jurnal Riset Agama 1(3): 79–96.
Nurdin, Fauziah. 2021. “Moderasi Beragama Menurut Al-Qur’an Dan Hadist.” Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah Vol. 18(1): 61-67.
Passalowangi, Jaya Alam. 2021. “E-Councelling Dalam Menangani Kasus Bullying Di Sekolah,” Jurnal Sipatokkong 1(2): 137–142.
Rahmat Hidayat, Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah. 2019. n.d.Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”, Medan: Mumtaz Advertising. Hlm. 23-24.
Rifky Serva Tuju, Babang Robandi, and Donna Crosnoy Sinaga. 2022. “Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Sekolah Tinggi Teologi Di Indonesia,” Jurnal Teologi Berita Hidup 4(2): 282–293.
Samsul, A. R. 2020. “Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama,” Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies 3(1): 37–51.
Sukitman, Tri. 2016. “Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia yang Berkarakter),” JPSD : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 2(2): 88.
Published
2024-10-29
How to Cite
Nurhasan, J. U. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Sekolah. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 9(1), 150-163. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/6117