Pembentukan Karakter Siswa Melalui Program Tahfidzul Qur’an Di MAN Kota Pasuruan
Abstract
Tujuan program Tahfidzul Qur’an adalah untuk membentuk karakter siswa agar berakhlak sesuai dengan akhlak Al-Qur’an. program ini sudah berlangsung lama, tapi banyak siswa yang menyepelekan program ini dikarenakan beberapa faktor, salah satunya adalah malas. Sejak berubahnya kebijakan sekolah yang awalnya program Tahfidzul Qur’an itu adalah ekstrakurikuler wajib, kemudian madrasah mengubahnya menjadi kegiatan intra kurikulum dan masuk dalam mata pelajaran MQ (Madrasah Qur’an), Dengan perubahan itu bisa memaksimalkan program Tahfidzul Qur’an untuk membentuk karakter siswa yang baik dan berakhlak mulia. Karakter siswa yang terbentuk melalui Program di MAN Kota Pasuruan mencakup karakter religius, disiplin, tekun, sabar, bertanggung jawab, dan solidaritas. Program Tahfidzul Qur’an di MAN Kota Pasuruan ini menjadi bagian dari program MQ (Madrasah Qur’an) yang menerapkan tiga bentuk pembinaan: Ta’lim, Tadris, dan Tahfidz. Faktor-faktor yang mendukung pembentukan karakter siswa melalui program ini meliputi kualitas pengajaran yang intensif yang memotivasi semangat belajar, dukungan dari pihak sekolah, partisipasi orang tua, serta lingkungan sekolah dan teman-teman yang mendukung. Sementara itu, hambatan yang dihadapi termasuk rasa malas, pergaulan yang kurang baik, banyaknya tugas dari mata pelajaran lain, izin dari orang tua, dan kecenderungan siswa untuk lebih banyak bermain handphone. Program Tahfidzul Qur’an di MAN Kota Pasuruan telah lama dilaksanakan dan terintegrasi dalam kurikulum, sehingga diharapkan dapat membentuk karakter baik siswa dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Program Tahfidzul Qur’an.References
Departemen Pendidikan Nasional. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Indonesia.
Eni (Eds), Purwati. 2014. Pendidikan Karakter. Surabaya: Kopertais IV Press.
Handayani, F. 2021. Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Membentuk Program Studi Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Qardhawi. 2019. Berinteraksi dengan Al-Qur’an. Depok: Gema Insani press.
Samani, Muchlas & Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Shobirin, M. Pembelajaran Tahfidz Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami. file:///C:/Users/User/Downloads/5966-18994-1-SP.pdf.
Thomas, Lickona. 2012. Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.