Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Inovasi Menuju Pembelajaran Religius Yang Relevan Di Era Digital
Abstract
Integrasi teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi keniscayaan dalam menghadapi tantangan era digital. Teknologi tidak hanya berperan sebagai alat bantu, tetapi juga sebagai medium yang memungkinkan transformasi pendekatan pembelajaran menjadi lebih interaktif, kontekstual, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik masa kini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk inovasi teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta dampaknya terhadap pembentukan karakter religius siswa.Metode yang digunakan adalah studi kualitatif deskriptif dengan pendekatan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi seperti Learning Management System, media interaktif berbasis video, hingga aplikasi mobile islami mampu meningkatkan motivasi belajar, memperkaya materi ajar, dan memperkuat internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari siswa.References
Ahmad, R. (2023). Gamifikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran Islami, 4(1), 78–90.
Amin, M. (2020).Kompetensi Digital Guru PAI dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.Jurnal Edukasi Islam, 4(1), 25–38.
Fauzi, A. (2019). Media Interaktif dalam Pembelajaran PAI: Strategi Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 101-110.
Handayani, S. (2021).Peran Media Interaktif dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa pada Pembelajaran Agama Islam.Jurnal Media Pendidikan Islam, 6(2), 48–59.
Hasanah, U. (2021). Ketimpangan Akses Teknologi dalam Pembelajaran Daring: Tantangan Pendidikan Islam di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 103–115.
Huda, M. (2020). Blended Learning dalam Pembelajaran PAI: Konsep, Implementasi, dan Evaluasi. Edukasi Islamika: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 25-39.
Kurniawan, T. (2020).Efektivitas Aplikasi Mobile dalam Menunjang Pembelajaran PAI pada Siswa SMA.Jurnal Pendidikan Islam Digital, 3(1), 12–21.
Latifah, N. (2023). Literasi Digital Keagamaan di Kalangan Remaja Muslim.Jurnal Dakwah Digital, 5(1), 31–44.
Ningsih, D. (2021). Transformasi Digital dalam Pendidikan Agama Islam: Relevansi dan Tantangan di Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 145-158.
Ningsih, R. (2022). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif untuk Pendidikan Agama Islam.Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(3), 89-102.
Nuraini, S. (2022). Risiko Teknologi dalam Pendidikan Islam: Sebuah Tinjauan Etika Digital. Jurnal Etika Islam dan Teknologi, 2(1), 11–22.
Raharjo, T. (2023).Pengembangan Kompetensi Guru Berbasis Komunitas dalam Integrasi Teknologi Pendidikan Agama Islam.Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 5(1), 44–56.
Rahman, F. (2022).Pemanfaatan LMS dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas.Jurnal Edukasi Islam, 8(1), 34–48.
Rahmat, F. (2022). Kolaborasi Digital dalam Pembelajaran Islam: Studi Kasus Komunitas Belajar Online. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(2), 87–98.
Sari, M. I. (2021).Media Interaktif Berbasis Augmented Reality untuk Pembelajaran Fiqih.Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 89–97.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, A. (2021). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 23-34.
Susanto, A. (2022). Pembelajaran PAI Berbasis Teknologi: Meningkatkan Akses dan Kualitas Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 7(1), 22–34.
Syamsudin, A. (2021). Evaluasi Konten Digital PAI di Platform E-Learning Nasional. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Islam, 3(2), 67–79.
Yuliana, D. (2021). Podcast Keagamaan sebagai Media Dakwah di Kalangan Remaja Digital Native.Jurnal Komunikasi Islam, 9(2), 55–66.
Zainuddin, M. (2020). Visualisasi Materi Abstrak dalam PAI: Inovasi Digital untuk Pemahaman Mendalam. Jurnal Studi Pendidikan Agama, 4(1), 66–74.