Aksiologi Dalam Etika Pendidikan Islam

  • Nurhasan . Universitas PGRI Wiranegara (UNIWARA) Pasuruan, Indonesia
Keywords: Aksiologi, Etika Pendidikan Islam

Abstract

Aksiologi sebagai cabang filsafat yang membahas tentang nilai memiliki peran penting dalam membentuk arah dan tujuan pendidikan, khususnya dalam konteks etika pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep aksiologi dan relevansinya terhadap etika pendidikan Islam dalam membentuk kepribadian dan moral peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan menelaah berbagai literatur filsafat pendidikan dan sumber-sumber keislaman, seperti Al-Qur’an, hadis, dan karya para pemikir Muslim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aksiologi dalam etika pendidikan Islam menekankan pentingnya nilai-nilai ilahiah, moral, dan kemanusiaan sebagai dasar dalam seluruh proses pendidikan. Nilai-nilai tersebut meliputi kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan kasih sayang yang berorientasi pada pembentukan insan kamil (manusia sempurna). Dengan demikian, pendidikan Islam tidak hanya bertujuan untuk transfer ilmu, tetapi juga transformasi nilai dan pembentukan akhlak mulia. Aksiologi memberikan landasan filosofis agar etika pendidikan Islam berjalan seimbang antara aspek intelektual, spiritual, dan sosial.

References

Ilham Akbar,dkk. 2005.“Aksiologi Pendidikan Islam,” Journal Tarbiyah Islamiyah, Vol. 6 Edisi 1 Juni.
Jujun S. Sumantri. 2005. “Filsafat Ilmu : Sebuah Pengantar Populer,” Jakarta : Sinar Harapan.
Fithrianai, “Implikasi Aksiologi Dalam Filsafat Pendidikan,”
Ratna M, dkk. 2023. “Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi Filsafat Pendidikan Islam,” IQRA: Jurnal Magister Pendidikan Islam. Vol.3 No.02 Desember 2023, hal.135.
Dodi Ilham. 2020. “Persoalan-Persoalan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Pendidikan Islam,” Didaktika 9, no. 2.
Laela Amelia, dkk. 2025. “Etika Dalam Prespektif Filsafat Pendidikan Islam,”
Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Vol.02 No.6 Agustus.
K. Bertens, 1993. “Etika,” Jakarta: Gramedia.
A. Munir Mulkhan, 1994. Paradigma Intelektual Muslim : Pengantar Filsafat Pendidikan Islam & Dakwah. Yogyakarta : SIPress.
Fadilah, M. P., dkk. 2021. Pendidikan karakter. Agrapana Media.
Samosir, R. Y. (2024). Membentuk Integritas Guru Di Era Revolusi Industri. Komprehensif, 2(1).
Suryawati, Ni Made Rahmi. 2016. "Konseling Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Empati Siswa." Jurnal Penelitian Pendidikan 16(2).
Yusup, A. A. (2024). Agama dan Penghormatan pada Martabat Manusia dalam Perspektif Abdullahi Ahmed An-Na'im. JURNAL ILMIAH FALSAFAH: Jurnal Kajian Filsafat, Teologi dan Humaniora, 10(2).
WARAHMAH, Ukhtia, et al. 2023. Tanggung Jawab Sebagai Nilai Penting Dalam Pendidikan Anti Korupsi. Jurnal Seumubeuet.
Musbikin, Imam. 2021. Pendidikan karakter jujur. Nusamedia. Barmawi Umary. 1988. “Materi Akhlak,” Jakarta: Ramadhani.
Published
2025-10-31
How to Cite
., N. (2025). Aksiologi Dalam Etika Pendidikan Islam. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 10(2), 104-115. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/7045