PENERAPAN PEMBELAJARAN FIQIH IBADAH MATERI SHOLAT FARDLU DENGAN METHODE VIDIO VISUAL DI MADRASAH IBTIDAYAH TARBIYATUS SIBYAN BAUJENG BEJI PASURUAN

  • Asmuni Zain

Abstract

Di berbagai lembaga pendidikan Islam masih banyak dijumpai berbagai ketimpangan dalam pelaksanaan pengangajaran kurikulum Islam khusunya pelajaran fiqh teori dan fiqh praktek. Hal ini dikuwatirkan akan melahirkan para alumni yang kurang memahami pentingnya belajar fiqh teori dan praktek. Disisi lain para siswa tatkala dirumah masing-masing kurang mendapatkan perhatian dibidang pengamalan fiqh amaliyah. Aspek lain yang mengkuwatirkan adalah keberadaan lingkungan yang jauh dari nilai-nilai agamis. Sehingga kekuwatiran krisis anak didik yang tidak sesuai dengan syariat Islam akan benar-benar terjadi. Penelitian ini dilakukan untuk membentuk peserta didik lebih disiplin dalam menjaga dan meningkatkan ibadahnya khususnya dalam shalat fardlu, serta memantapkan aqidahnya di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatus Sibyan Baujeng Beji. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran fiqih ibadah bab sholat melalui media audio visual bagi peserta didik Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatus Sibyan Baujeng Beji, 2) Bagaimana Pelaksanaan pembelajaran fiqih bab sholat melalui metode audio visual bagi peserta didik Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatus Sibyan Baujeng Beji, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran fiqih bab sholat bagi peserta didik kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatus Sibyan Baujeng Beji. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data, peneliti menggunakan model analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana meliputi: Kondensasi Data (Condensation), Penyajian Data (Display), Penarikan Kesimpulan (Conclusions Drawing). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1) Penggunaan media audiovisual sangat relevan dalam pembelajaran fiqih ibadah bab sholat 2) Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan membuat peserta didik semangat dan antusias dalam belajar serta tidak membosankan. 3) kelengkapan sarana dan prasarana pembelajaran sangat berpengaruh pada tahap evaluasi meliputi evaluasi Sumatif dan evaluasi Formatif evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi output
Published
2023-03-17