KECERDASAN MAJEMUK PESANTREN TRADISIONAL (STUDI ASPEK-ASPEK MULTIPLE INTELLIGENCES PERSPEKTIF HOWARD GARDNER DALAM TRADISI PENDIDIKAN PESANTREN)

  • Sayyidah Saikhotin

Abstract

Abstrak Pesantren memiliki kekayaan visi keceerdasan sebagaimana yang digambarkan Gardner. Delapan kecerdasan tersebut telah memngiringi kelangsungan pembelajaran dipesantren, sejak santri bangun dari tidur hingga tidur kembali, tak salah akhirnya jika pesantren merupakan cikal bakal pembelajaran fullday school yang sederhana. Aspek-aspek kecerdasan dalam pandangan Howard Gardner diatas yaitu sembilan macam kecerdasan manusia yang meliputi bahasa (linguistic), musik (musical), logika-matematika (logical-mathematical), spasial (spatial), kinestetis-tubuh (bodily-kinesthetic), intrapersonal (intrapersonal), interpersonal (interpersonal), naturalis (naturalits) dan eksistensial, secara sederhana telah lama di pelajari dan di terapkan di pesantren. Aspek-aspek kecerdasan tersebut telah lema menjadi kearifan local pesantren, dalam melestarikan nilai-nilai yang diimani dan diyakini orang-orang pesantren sabagai format pendidikan yang tak mudah gamang ditelan perubahan dan cercaan para pembaharu-pembaharu pendidikan, yang justru terkadang dipaksa harus belajar banyak kepada kesederhanaan pendidikan pesantren. Key Words: Kecerdasan Majemuk, Pesantren Tradisional
Published
2016-04-07
How to Cite
Saikhotin, S. (2016). KECERDASAN MAJEMUK PESANTREN TRADISIONAL (STUDI ASPEK-ASPEK MULTIPLE INTELLIGENCES PERSPEKTIF HOWARD GARDNER DALAM TRADISI PENDIDIKAN PESANTREN). Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 8(1), 1-9. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/1571
Section
Articles