Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Sholat Berjamaah di MA Al-Qodiri Jember Tahun pelajaran 2015/2016

  • Asmad Hanisy Sekolah Tinggi Agama Islam Al Qodiri Jember

Abstract

Pendidikan merupakan suatu upaya mewariskan nilai, yang akan menjadi penolong dan penuntun dalam menjalani kehidupan,dan sekaligus untuk memperbaiki nasib dan peradaban umat manusia. Pendidikan berintikan interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam upaya untuk membantu peserta didik menguasai tujuan tujuan pendidikan.                Interaksi pendidikan dapat berlangsung dalam ingkungan keluaga, sekolah, ataupun masyarakat. Interaksi pendidikan yang terjadi dalam lingkungan sekolah umumnya didominasi interaksi antara guru dengan siswa atau anak didiknya. Dengan demiian pendidikan anak dalam lingkungan sekolah harus diperhatikan oleh guru yang tugas utamanya sebagai pendidik dan pengajar.                 Apapun pengertian pedidikan agama islam itu sendiri adalah pendidikan dengan melalui ajaran-ajaran agama islam, yaitu berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak anak didik, menghayati dan mengamalkan ajaran – ajaran agama islam yang diyakini secara menyeluruh dan dipelajari disekolah serta menjadikan ajaran agama islam itu sebagai pandangan atau jalan hidupnya,demi keselamtan dan kesejahteraan hidup didunia dan diakhirat.Untuk itulah islam telah memberikan petunjuk kepda para pendidik tentang cara – cara mendidik anak dengan demikian islam sangat memperhatikan pendidikan umat manusia sejak diri, bahkan sejak anak masih ada dalam kandungan seorang ibu.  Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Motivasi Sholat Berjamaah.
Published
2016-04-08
How to Cite
Hanisy, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Sholat Berjamaah di MA Al-Qodiri Jember Tahun pelajaran 2015/2016. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 10(1), 38-52. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/1621
Section
Articles