Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Di SMA Plus Darul Hikmah Gembolo Purwodadi Gambiran Banyuwangi

  • Ibnu Faruq Sekolah Tinggi Agama Islam Al Qodiri Jember

Abstract

Abstrak Proses pembelajaran merupakan interaksi antara guru dengan siswa, guru memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam peningkatan kualitas pembelajaran, untuk itu guru harus memiliki upaya upaya tertentu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran akan meningkat apabila guru mampu meningkatkan kualitas belajar siswa dengan meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar siswa, meningkatkan displin pada siswa, dan meningkatkan motivasi belajar pada siswa, sehingga jika hal tersebut telah diupayakan atau diusahakan oleh guru maka guru dan sekolah akan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya di SMA Plus Darul Hikmah Gembolo Banyuwangi. Permasalahan yang diangkat dalam Tesis ini secara umum adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Plus Darul Hikmah Gembolo Banyuwangi , Dalam pelaksanaan penelitian ini, pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode penentuan subyek penelitian dengan menggunakan metode purposive Sampling, dengan menggunakan metode pengumpulan data seperti observasi, interview dan dokumenter. Metode tersebut digunakan untuk penggalian data dalam Tesis ini. Setelah semua data yang diperoleh kemudian dilakukan analisa data dengan reflektif thingking dan validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi untuk meninjau kembali apakah data yang diterima sudah valid atau benar, yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan interpretasi.  Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan, bahwa guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Plus Darul Hikmah Gembolo Banyuwangi telah maksimal yaitu dengan meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar siswa dengan mengembangkan sistem pembelajaran modul dan menciptakan iklim sekolah yang kondusif, menanamkan sikap disiplin di sekolah dan meningkatkan motivasi belajar pada siswa, namun hal tersebut supaya lebih di tingkatkan kembali untuk menunjang keberhasilan pendidikan yang diselenggarakan sesuai dengan tujuan bangsa dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah merupakan suatu hal yang harus diperhatikan secara seksama. Hal ini akan menjadi nilai tersendiri bagi sekolah terutama dalam daya saing lulusan yang dimiliki. Peningkatan motivasi belajar, aktivitas dan kreativitas siswa merupakan salah satu cara untuk menciptakan manusia yang berkualitas.   Kata kunci : Guru, Kualitas Pembelajaran  
Published
2016-08-29
How to Cite
Faruq, I. (2016). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Di SMA Plus Darul Hikmah Gembolo Purwodadi Gambiran Banyuwangi. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 1-12. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/2136
Section
Articles