Manajemen Pembelajaran Pakem (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan)

  • Titin Mariatul Qiptiyah Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ar-Rahmah Suren Ledokombo Jember

Abstract

Pembelajaran PAKEM bersumber dari konsep student-centered learning dan learning is fun, agar anak didik punya motivasi untuk selalu belajar tanpa ada perintah serta mereka tidak punya perasaan berat dan takut. Dengan demikian, aspek dari fun is learning dan memotivasi anak didi supaya melakukan eksplorasi, kreasi aktif dan bereksperimen secara kontinuitas dalam proses belajar menjadi sesuatu aspek signifikan dalam proses belajar PAKEM. Dalam manajemen pembelajaran terdapat tiga langkah pembelajaran. Adapun tiga langkah tersebut, antara lain: 1), perencanaan dari proses pembelajaran PAKEM. Perencanaan dari proses belajar PAKEM bisa dilakukan di saat pendidik mendesain silabus dan RPP; 2), pelaksanaan pembelajaran PAKEM. Pelaksanaan ini merupakan aplikasi dari rencana pembelajaran. Pelaksanaan ini yaitu teridiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup pembelajran PAKEM; dan 3) evaluasi pembelajaran PAKEM. Tahap evaluasi/penilaian pembelajaran PAKEM merupakan follow up dalam kegiatan proses belajar PAKEM. Misi/Tujuan evaluasi pembelajaran PAKEM adalah suatu usaha untuk mengidentifikasi dan memahami tingkat kesuksesan dalam proses belajar. Key Words: Manajemen Pembelajaran, PAKEM
Published
2019-08-05
How to Cite
Qiptiyah, T. M. (2019). Manajemen Pembelajaran Pakem (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 17(2), 127-140. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/3417
Section
Articles