Manajemen Sumber Daya Pendidik Dalam Pembelajaran Al-Qur’an (Studi Kasus di Taman Pendidikan Al-Qur’an Yasinat Jember)

  • Fikri Farikhin Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan; 1) Lembaga TPQ Yasinat telah mampu merancang dan menyusun perencanaan sumber daya pendidik secara sistematis. Hal ini terbukti adanya langkah-langkah yang dilakukan pihak lembaga dalam perencanaan sumber daya pendidik, yaitu : menganalisa faktor-faktor penyebab perubahan kebutuhan sumber daya pendidik, meramalkan kebutuhan sumber daya pendidik, menentukan kebutuhan sumber daya pendidik, menganalisa ketersediaan sumber daya pendidik. 2) Pola rekrutmen sumber daya pendidik dilakukan oleh Lembaga TPQ Yasinat dengan secara terbuka dan tertutup. Sedangkan pelaksanaan seleksi dianggap telah memenuhi unsur-unsur profesionalitas.3) Upaya TPQ Yasinat dalam memperkenalkan kondisi lingkungan, budaya, rekan kerja, tugas atau pekerjaan dilakukan dengan memberikan orientasi meski tidak formal. 4) Pengelolaan Kompensasi di TPQ Yasinat dengan cara menganalisa jabatan, mengevaluasi jabatan, mensurvei gaji dan menentukan tingkat gaji, baik kompensasi yang bersifat langsung maupun tidak langsung.   Kata Kunci: Manajemenm, Sumber daya Pendidik, Al-Qur`an.
Published
2019-11-22
How to Cite
Farikhin, F. (2019). Manajemen Sumber Daya Pendidik Dalam Pembelajaran Al-Qur’an (Studi Kasus di Taman Pendidikan Al-Qur’an Yasinat Jember). Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 15(2), 184-225. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/3527
Section
Articles