Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts Al-Ishlah Jenggawah Jember Tahun 2018

  • Muhamad Umar Hasibullah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qodiri (STAI Al-Qodiri Jember)
  • Ulfatus Sofiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qodiri (STAI Al-Qodiri Jember)

Abstract

  ABSTRAK Penilaian autentik sendiri merupakan kegiatan menilai peserta didik yang menekankan pada apa yang seharusnya dinilai, baik proses maupun hasil dengan berbagai instrument penilaian yang disesuaikan dengan tuntutan kompetensi yang ada di standar kompetensi (SK) atau kompetensi inti dan kompetensi dasar (KD). berbagai instrument penilaian yang disesuaikan dengan tuntutan kompetensi yang ada di standar kompetensi (SK) atau kompetensi inti dan kompetensi dasar (KD).. Kegiatan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran SKI tidak bisa hanya dilakukan diakhir program pembelajaran saja, melainkan juga harus mempertimbangkan hal-hal yang dilakukan dan dialami siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Penilaian autentik yang demikian dikenal dengan istilah Penilaian autentik yang berarti nyata, riil seperti kehidupan sehari-hari dan sesuai dengan proses pembelajaran yang dilakukan, sehingga penilaian autentik berlangsung secara terintegrasi dengan proses pembelajaran. Penilaian autentik sendiri adalah kegiatan menilai peserta didik yang menekankan pada apa yang seharusnya dinilai, baik proses maupun hasil dengan berbagai instrument penilaian yang disesuaikan dengan tuntutan kompetensi yang ada di standar kompetensi (SK) atau kompetensi inti dan kompetensi dasar (KD).. Kata Kunci: Kebahagiaan Penilaian Autentik
Published
2020-04-14
How to Cite
Hasibullah, M. U., & Sofiyah, U. (2020). Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts Al-Ishlah Jenggawah Jember Tahun 2018. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 14(1), 167-176. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/3726
Section
Articles