Reaktualisasi Budaya Mutu di Lembaga Pendidikan

  • Mubin Noho Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Muh. Hizbul Muflihin UIN Profesor Kiai Saifuddin Zuhri Purwokerto2
  • Minggusta Juliadarma IAIN Ternate

Abstract

Abstrak : Mutu adalah kualitas, ukuran, baik buruk sesuatu, taraf atau derajat. Mutu mengandung makna sebuah proses terstruktur untuk memperbaiki keluaran yang dihasilkan. Budaya mutu lembaga pendidikan adalah system nilai lembaga pendidikan yang menghasilkan suatu lingkungan yang kondusif bagi pembentukan dan perbaikan mutu secara terus menerus. Peningkatan budaya mutu pendidikan berpusat pada peningkatan mutu sekolah merupakan suatu proses yang dinamis. Dampak dari terciptanya budaya mutu sekolah yang kondusif dan dinamis , akan mendorong semua pelanggan sekolah untuk bertindak dan melakukan sesuatu yang baik dan terbaik, yang mengarah pada prestasi peserta didik yang maksimal. Demikian pula, dengan budaya sekolah yang baik,  akan dapat meningkatkan kinerja guru sehingga produktivitas sekolah lebih baik dan lebih tinggi. Kata kunci : Mutu, Budaya dan pendidikan.
Published
2022-08-16
How to Cite
Mubin Noho, Muh. Hizbul Muflihin, & Juliadarma, M. (2022). Reaktualisasi Budaya Mutu di Lembaga Pendidikan. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20(2), 166-175. https://doi.org/10.53515/qodiri.2022.20.2.166-175
Section
Articles