Pembelajaran PAI Berbasis Multikultural di SMP Terpadu Alfalah Tangkahen

  • Mahrina Mahrina Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Multikultural Education yang akan di laksanakan disekolah SMP terpadu Alfalah Tangkahen itu agar dapat melatih siswa dalam membentuk karakter dari peserta didik supaya dapat memiliki sikap yang demokratis, pluralis dan juga humanis. Adapun dalam Penelitian ini menggunakan sebuah metode yang bersifat kualitatif yaitu dengan sebuah instrumen yang menggunakan sebuah data sekunder. Sedangkan pendekatan yang di gunakan adalah jenis kajian pustaka (library research) data yang di pakai ini mengutip dari beberapa literature di antaranya adalah jurnal atau artikel yang berkaitan dengan Pembelajaran Multikultural dalam pembelajaran. Adapun mengenai tentang hal-hal yang di rasa perlu di lakukan dalam multikultural education di sekolah adalah : (1) mengupayakan Melakukan dialog yang meletakkan dan memusatkan kebudayaan juga peradapan secara sejajar dan berimbang dan sama rata. (2) selalu berupaya mengembangkan adanya sikap toleransi supaya mampu dan bisa memberikan peluang juga adanya kesempatan kepada masing-masing budaya untuk memperkenalkan, mempromosikan dan menyebarluaskan keunikan dan keragaman yang dimiliki oleh setiap budaya itu baik dalam hal tataran yang bersifat konseptual dan juga ketika di lapangan pada teknik operasionalnya. Hasil Penelitian dari multikultural education ini di harapkan keadaan bangsa indonesia akan sesuai dengan tujuan bangsa indonesia pada pembukaan UUD 1945 yaitu terciptanya masyarakat merdeka bersatu berdaulat adil dan makmur yang memiliki jiwa saling menghargai, Menghormati dan toleransi agar terciptanya suasana yang kondusif, aman dan terkendali tentunya peran Guru sangat penting karena guru merupakan pergerakan yang utama dan paling utama dalam menyampaikan pembelajaran multikultural education. Peran guru sangat menentukan keberhasilan dalam pemahaman lintas budaya pada siswa yang satu dan yang lainnya karena Ternyata ditemukannya tentang kebiasaan apa yang di sampaikan guru lewat peembelajaran, cara guru mengajar dan kepribadian guru sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran pendidikan multikultural.  
Published
2023-01-28
How to Cite
Mahrina, M. (2023). Pembelajaran PAI Berbasis Multikultural di SMP Terpadu Alfalah Tangkahen. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20(3), 722-730. https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.20.3.722-730
Section
library Research