Pembaruan Pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka
Abstract
Perubahan kurikulum di Indonesia merupakan salah satu perubahan terbesar dalam dunia pendidikan. Perubahan ini terjadi pada saat pandemi Covid-19 melanda pada tahun 2022, pasalnya kondisi pembelajaran anak sedikit terganggu karena pembelajaran dilakukan secara online. Tidak hanya itu, terdapat pereubahan pula pada pembelajaran yang awalnya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara online. Fokus penelitian ini adalah analisis pembaruan kurikulum dengan menggunakan Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (Library Research). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif penelitian kepustakaan dimana peneliti kemudian akan mengumpulkan bahan untuk keperluan data penelitian dari buku, jurnal, dan artikel yang berhubungan dengan pembahasan penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggali data melalui kajian pustaka, membaca, menelaah, mencatat dari berbagai sumber seperti jurnal yang relevan, artikel, buku, dan lain-lain. Adapun untuk menyajikan data, peneliti akan fokus pada pengumpulan temuan dari jurnal dan artikel. Perubahan kurikulum ini memberikan dampak positif dan negatif dalam dunia pendidikan. Dimana dampak positifnya yaitu pelajar dapat belajar sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin maju ini dan didukung oleh tenaga pendidiknya. Sedangkan dampak negatifnya yaitu prestasi pelajar menurun karena pelajar harus menyesuaikan diri dengan kurikulum yang baru dengan begitu cepat.Copyright (c) 2023 Dhea Resti Fauziah, Sofyan Iskandar, Primanita Rosmana, Andhini Oktafrina, Kania Pratiwi, Khaerani Nurfaoziah, Najayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.