Penerapan Pembelajaran Model PBL Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas VII SMPN 2 Sukorejo

  • Yuanita Kartika Sari Universitas PGRI Madiun
  • Sanusi Universitas PGRI Madiun
  • Efa Hanifah Kustianingrum SMP Negeri 2 Sukorejo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan presentase keaktifan belajar siswa secara klasikal pada kelas VII SMP Negeri 2 Sukorejo. Berdasarkan hasil observasi dan diskusi dengan guru IPA didapat bahwa motivasi belajar siswa tergolong rendah dan ekatifan siswa yang tergolong masih rendah merupakan salah satu penghambat dalam tercapainya tujuan pembelajaran, hal tersebut disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang kurang efektif serta dominan dengan cara konvensional, dan kegiatan diskusi masih didominasi oleh siswa yang memiliki kemampuan lebih tinggi. Salah satu solusi alternatif dari permasalahan tersebut adalah penerapan model pembelajaran PBL. Pendekatan penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan model PBL. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Data yang diperoleh akan diolah dalam bentuk kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII semester genap tahun akademik 2022/2023 pada materi sistem tata surya. Penerapan model PBL ini diharapkan dapat merangsang keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model PBL dapat merangsang keaktifan siswa pada materi sistem tata surya. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan keaktifan siswa dari 41,3% pada siklus I menjadi 61,3% pada siklus II. Simpulan penelitian adalah penerapan model PBL dapat merangsang keaktifan siswa pada materi sistem tata surya SMP Negeri 2 Sukorejo. Kata kunci : model Problem-Based Learning; keaktifan siswa.  
Published
2023-08-21
How to Cite
Yuanita Kartika Sari, Sanusi, & Efa Hanifah Kustianingrum. (2023). Penerapan Pembelajaran Model PBL Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas VII SMPN 2 Sukorejo. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 21(2), 570-580. https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.21.2.570-580
Section
Articles