Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Secara teori model pembelajaran Contextual Teaching And Learning konsep belajar di mana guru dapat menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan dapat mendorong siswa untuk membuat pengetahuan yang dimilikinya dengan menerapkan di dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga atau anggota masyarakat, hasil pembelajaran lebih diharapkan untuk lebih bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan pemahaman matematis siswa baik sesudah diberikan maupun sebelum diberikan perlakuan, pada materi satuan waktu di mata pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan metode Pre Eksperimental dengan desain Onegrup Pretest-posttest design, dan populasi siswa kelas III di salah satu Sekolah Dasar swasta berbasis Islam. Metode Pre Eksperimental ini dilakukan 3 tahapan yaitu Pretest, Treatment atau perlakuan dan Posttest. Hasil penelitian ini siswa mengalami peningkatan kemampuan matematis dilihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 64,4 dan posttes 85,4.Copyright (c) 2023 Fita Nur Fitriana, Turmudi, Wina Mustikaati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.