Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar

  • Eko Rubiyanto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hafiziani Eka Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fitri Nuraeni Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

ABSTRACT Knowledge and attitude of concern for the environment must be instilled in childhood when elementary school. Knowledge and attitude of concern for the environment is called Ecoliteracy. Ecoliteracy aims to increase students' insight and knowledge about protecting and caring for the environment properly and to develop students' attitudes that are responsible and wise towards the environment. This research is motivated by the problem of students' lack of concern for the environment. To overcome these problems researchers use one of the learning models, namely the STM. The purpose of this research is to find out the application of the Community Technology Science model and to improve the ecoliteracy of elementary school students. The type of research used is Classroom Action Research (CAR) and the design the researchers use is Kemmis & Mc. Taggart which consists of planning, implementation, observation, and reflection. From the two cycles carried out by researchers, there was an increase in ecoliteracy in every aspect. Based on the research results, in the first cycle, the knowledge aspect (head) increased by 18% from cycle I to cycle II. The attitude aspect (heart) shows an increase of 6% from cycle I to cycle II. The skill aspect (hand) shows an increase of 10% from cycle I to cycle II. The conclusion from this study is that learning using the STM model can improve the ecoliteracy of elementary school students. Keyword: Models STM, Ecoliteracy, Classroom Action Research ABSTRAK Pengetahuan dan sikap kepedulian mengenai lingkungan harus ditanamkan pada masa anak-anak ketika sekolah dasar. Pengetahuan dan sikap kepedulian terhadap lingkungan tersebut dinamakan Ecoliteracy. Ecoliteracy bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan siswa mengenai menjaga dan merawat lingkungan dengan baik serta mengembangkan sifat siswa yang bertanggung jawab dan bijaksana terhadap lingkungan. Latar belakang penelitian ini adalah masalah sedikitnya kepedulian siswa terhadap lingkungan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan salah satu model pembelajaran yaitu model sains teknologi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Sains Teknologi Masyarakat dan untuk meningkatkan ecoliteracy siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan desain peneliti gunakan adalah Kemmis & Mc. Taggart meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari dua siklus yang dilaksamakan oleh peneliti terdapat peningkatan indikator ecoliteracy disetiap aspek. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I aspek pengetahuan (head) mengalami peningkatan sebesar 18% dari siklus I ke siklus II. Pada aspek sikap (heart) menunjukkan peningkatan sebesar 6% dari siklus I ke siklus II. Pada aspek keterampilan (hand) menunjukkan peningkatan sebesar 10% dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran dengan menggunakan model STM dapat meningkatkan ecoliteracy siswa sekolah dasar.
Published
2023-08-21
How to Cite
Rubiyanto, E., Hafiziani Eka Putri, & Fitri Nuraeni. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 21(2), 824-835. https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.21.2.824-835
Section
Articles