Analisis Kemampuan Menghafal Al Quran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar

  • Annisa Windar Khasanah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agus Muharam
  • Hisny Fajrussalam

Abstract

Kemampuan menghafal Al-Qur’an merupakan suatu kegiatan yang mulia dan suatu amalan yang mendapatkan pahala. Seseorang yang menghafalkan Al-Qur’an dan lebih mengutamakannya maka akan mendapatkan ganjaran pahala yang setimpal. Sebagian besar sekolah swasta maupun sekolah yang menerapkan kegiatan menghafal Al-Qur’an dan menjadikan salah satu kegiatan wajib di sekolahnya, maka dapat dilihat siswa-siswa yang unggul dalam hasil belajar di kelasnya adalah siswa yang memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an nya cepat dan bagus. Salah satunya yakni siswa kelas V di SDIT Cendekia, Purwakarta membuktikan bahwa siswa yang menduduki rangking 1 sampai dengan 10 dan bagus dalam hasil belajarnya sudah dipastikan telah menyelesaikan hafalan juz 30 nya dan sudah mendapatkan sertifikat juz 30. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menghafal Al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDIT Cendekia, Purwakarta. Siswa yang memiliki niat baik dan bersungguh-sungguh dalam menghafal Al-Qur’an pasti akan dibantu oleh Allah dalam segala urusannya terutama dalam hasil belajar di sekolahnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Subjek penelitian ini terdiri dari wali kelas, guru tahfidz, dan juga siswa kelas V, serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, dan penarik kesimpulan data, serta uji keabsahan data ini menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini terbukti bahwa kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa yang baik dapat memberikan hasil belajar yang baik pula bagi penghafalnya.
Published
2023-08-21
How to Cite
Windar Khasanah, A., Muharam, A., & Fajrussalam, H. (2023). Analisis Kemampuan Menghafal Al Quran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 21(2), 853-861. https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.21.2.853-861
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)