Analisis Tingkat Kesulitan Pemahaman Peserta Didik Di Sekolah Dasar Terhadap Materi Kemagnetan Pada Kurikulum Merdeka

  • Thalytha Taftazani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Andita Pratiwi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nenden Permas Hikmatunisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Andila Nurul Hasanah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurbaiti SyifaWidaningsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Meyra An Najmi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Silvia Maharani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Luthfiana Puspa Dewi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Anji Rijal Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Magnet adalah suatu benda yang dapat saling tarik menarik, tolak menolak, dan memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan selatan. Tujuan dari penulisan artikel ilmiah ini yaitu untuk menganalisis lebih lanjut tentang materi pembelajaran kemagnetan di sekolah dasar kelas 4, 5, dan 6. Serta mengetahui besarnya tingkat kesulitan peserta didik dalam memahami materi kemagnetan yang telah diberikan oleh guru. Kita perlu mengetahui seberapa efektif materi pembelajaran ini terhadap pemahaman siswa sekolah dasar. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan ini yakni dengan metode deskriptif kuantitatif yang merupakan suatu metode yang bertujuan untuk membuat gambar atau deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dan hasilnya (Arikunto, 2006). Berdasarkan hasil penelitian penulis mendapatkan beberapa informasi mengenai tingkat kesulitan peserta didik dalam memahami materi kemagnetan.
Published
2024-01-28
How to Cite
Taftazani, T., Andita Pratiwi, Nenden Permas Hikmatunisa, Andila Nurul Hasanah, Nurbaiti SyifaWidaningsih, Meyra An Najmi, Silvia Maharani, Luthfiana Puspa Dewi, & Muhammad Anji Rijal. (2024). Analisis Tingkat Kesulitan Pemahaman Peserta Didik Di Sekolah Dasar Terhadap Materi Kemagnetan Pada Kurikulum Merdeka. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 21(3), 1099-1115. https://doi.org/10.53515/qodiri.2024.21.3.1099-1115
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)