Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Plus Al-Qodir
Abstract
ABSTRAK Strategi mengatasi kesulitan belajar merupakan usaha guru untuk mengelola pendidikan SD Plus Al-Qodiri melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan. Agar pendidikan yang dilaksanakan sesuai dengan target dan tujuan pendidikan dapat dicapai dengan baik. Adapun fokus penelitian adalah bagaimana metode, kesulitan yang dihadapi dan upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Plus Al-Qodiri Penelitian yang peneliti lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling., sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan trianggulasi data dan triagulasi teori. Hasil penelitian menunjukan, Secara khusus (1) Strategi Yang Digunakan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SD Plus Al-Qodiri ? Melalui Pembiasaan, Memberikan contoh yang baik, Memberikan pemahaman, Memberikan penugasan (2) Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islama SD Plus Al-Qodiri ? Faktor Intern (faktor dari dalam diri siswa); Minat Kurang, Kelelahan, Daya Ingat Rendah. Faktor Ekstern (faktor dari luar siswa): Lingkungan Keluarga, Lingkungan Masyarakat, Lingkungan Sekolah (3) Upaya Yang Digunakan Oleh Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SD Plus Al-Qodiri ? Mengidentifikasi Siswa (Memahami faktor-faktor kesulitan belajar siswa,Mendata siswa yang mengalami kesulitan belajar,Menyelidiki tingkah laku siswa), Memotivasi Siswa Untuk Semangat Belajar, Mengevaluasi siswa (Tingkah laku,Belajar siswa). Kata Kunci: Strategi, Kesulitan BelajarCopyright (c) 2023 Syaiful Rizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.