Konsep Pendidikan Islam Transformatif Syekh Abdul Qodir Al-Jailani dan Relevansinya Terhadap Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan Islam transformatif dalam pesepektif Syekh Abdul Qodir Al-Jailani dan relevansinya terhadap upaya pembentukkan karakter peserta didik. Mengingat problematika pendidikan karakter di Indonesia yang terus berkembang, terutama menyangkut persoalan aksi bunuh diri yang dilakukan oleh peserta didik di Perguruan Tinggi (mahasiswa). Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kualitatif dengan model studi pustaka (library research). Studi pustaka dilakukan dengan menganalisis sumber-sumber literatur terkait pendidikan Islam transformatif, Pemikiran dan konsep pendidikan Syekh Abdul Qodir Al-Jailani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Syekh Abdul Qodir Al-Jailani memiliki nilai-nilai pendidikan Islam transformatif. Hal itu bisa terlihat dari penekanan konsep pendidikan Syekh Abdul Qodir Al-Jailani kepada ketauhidan, tujuh dimensi spiritual-sufistik, akhlah baik dan ilmu dan amal (baca: ilmu untuk aksi perubahan sosial). Relevansinya dengan upaya pembentukan karakter peserta didik yakni terkait penguatan aspek intelektual dan terbentuknya karakter spiritual-sufistik pada diri peserta didik.Copyright (c) 2024 Akhmad Iqbal, Asmad Hanisy, Zainal Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.