Analisis Konsep dan Prinsip Pembentuk Karakter dan Kepribadian Peserta Didik Melalui Kurikulum Dalam Pendidikan Islam
Abstract
Penelitian ini berfokus pada analisis konsep dan prinsip yang mendasari pembentukan karakter dan kepribadian peserta didik dalam kurikulum pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, di mana peneliti menggali berbagai sumber literatur terkait kurikulum pendidikan Islam serta proses pembentukan karakter dan kepribadian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan Islam memiliki konsep dan prinsip yang tegas dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa, berlandaskan pada nilai-nilai Islam seperti iman, takwa, dan akhlak. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa prinsip penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian, antara lain pengembangan potensi diri, keterampilan sosial, dan kemampuan spiritual. Temuan-temuan dari penelitian ini dapat dijadikan referensi yang bermanfaat untuk mengembangkan kurikulum pendidikan Islam yang lebih efektif, terutama dalam usaha membentuk karakter dan kepribadian peserta didik. Kata Kunci: Kurikulum Pendidikan Islam; Pembentukan Karakter; Pembentukan Kepribadian; Peserta Didik.Copyright (c) 2025 Tedy Dwi Cahyadi Tedy, Nadila Afrillia, Claudia Sintia Bella

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.