Pengembangan Video Animasi “Kilani” Berbasis Canva Tentang Kisah Keteladanan Nabi Ibrahim Alaihi Salam Pada Pembelajaran Kelas 2 SD

  • Megy Indriani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
  • Saipanah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
  • Siti Nur Pasya Hermalina pasya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang

Abstract

Dalam era digital, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi semakin berkembang untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menganalisis efektivitas video animasi “Kilani” berbasis Canva dalam menyampaikan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. kepada siswa kelas 2 SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengembangan media ini melibatkan perancangan animasi yang interaktif dan menarik untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi ini dapat meningkatkan minat belajar siswa serta mempermudah pemahaman mereka terhadap nilai-nilai keteladanan Nabi Ibrahim a.s. Selain itu, respon guru dan siswa terhadap media ini sangat positif, dengan indikator peningkatan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Keunggulan utama dari video animasi ini adalah kemampuannya menyajikan materi secara kontekstual, menarik, dan lebih mudah dipahami dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, media ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar.
Published
2025-06-25
How to Cite
Megy Indriani, Saipanah, pasya, S. N. P. H., & Ani Nur Aeni. (2025). Pengembangan Video Animasi “Kilani” Berbasis Canva Tentang Kisah Keteladanan Nabi Ibrahim Alaihi Salam Pada Pembelajaran Kelas 2 SD. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 23(2), 191-207. https://doi.org/10.53515/qodiri.2025.23.2.191-207