Kontribusi Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Pada Anak di Desa Bumi Setia Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah
Abstract
Keberadaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di Desa Bumi Setia, Kecamatan Seputih Mataram, Kabupaten Lampung Tengah menjadi salah satu upaya penting dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak-anak. Namun, berdasarkan pengamatan awal dengan para pengajar di beberapa TPA seperti Mushola Jauharul Ma’nun, Masjid Nurul Amal, dan Masjid Al-Khoir, ditemukan bahwa perilaku anak-anak yang tidak aktif belajar di TPA saat ini menunjukkan adanya penurunan akhlak, seperti kurangnya disiplin, sopan santun, serta penghormatan terhadap orang tua dan guru. Pengaruh lingkungan luar, perkembangan teknologi, dan media sosial yang semakin kuat dinilai menjadi tantangan utama dalam pembinaan akhlak anak. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kontribusi Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak di Desa Bumi Setia Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengempulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kemudian untuk teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di Desa Bumi Setia memberikan kontribusi yang penting dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak-anak melalui enam aspek utama, yaitu menanamkan nilai religius, membentuk akhlak mulia, mengajarkan disiplin dan kemandirian, mengembangkan kepedulian sosial, meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an, serta menanamkan kebiasaan beribadah. Dengan pengajaran yang sabar, teladan, dan menyenangkan serta dukungan aktif dari para ustadz/ustadzah dan keterlibatan orang tua, TPA mampu membentuk karakter anak yang religius, berakhlak mulia, mandiri, disiplin, peduli sosial, dan rajin beribadah, sehingga mempunyai kontribusi positif terhadap perubahan perilaku dan perkembangan pribadi anak dalam kehidupan sehari-hari di rumah maupun lingkungan sosialnya.Copyright (c) 2025 Neti Kusuma, Subandi, Rina Mida Hayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.