Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlaq Kelas X Madrasah Aliyah Riyadlus Sholihin Al Islamy Kabupaten Semarang

  • Sri Rahmawati Fakultas Agama Islam, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman Semarang
  • Maulia Indana Zulfa Fakultas Agama Islam, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman Semarang

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran akidah akhlaq di kelas X MA Riyadlus Sholihin Al Islamy Kabupaten Semarang, serta bagaimana kondisi kelas dalam pelajaran akidah akhlaq di kelas X dalam proses pembelajaran secara lansung didapat oleh guru mata pelajaran akidah akhlaq. Peneliti mengobservasi dan mewawancarai guru yang mengajar untuk mendapatkan informasi dan disusun dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian memberikan informasi bahwa pelaksanan pembelajaran akidah aklaq di kelas X MA Riyadlus Sholihin Al Islamy berjalan secara kondusif dengan beberapa kesulitan yang dialami guru mata pelajaran seperti tantangan pembiasaan, yang seharusnya menjadi tanggung jawab dan kesadaran para siswa-siswi, serta hasil perolehan nilai mata pembelajaran akidah akhlaq dengan rata-rata 73,66 yang harus dijadikan pembelajaran yang lebih baik untuk Kerjasama antara guru dan siswa untuk pelaksanaan pembelajaran selanjutnya agar lebih baik kedepannya
Published
2025-08-06
How to Cite
Sri Rahmawati, & Maulia Indana Zulfa. (2025). Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlaq Kelas X Madrasah Aliyah Riyadlus Sholihin Al Islamy Kabupaten Semarang. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 23(2), 331-344. https://doi.org/10.53515/qodiri.2025.23.2.331-344