ANAJEMEN MADRASAH DINIYAH (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Raudhatusshalihin Sumber Manjing Wetan Malang)

  • Miftakhul munir

Abstract

Madrasah diniyah adalah jenis pendidikan keagamaan yang memberikan pendidikan khusus ilmu-ilmu agama dan bahasa Arab. Madrasah diniyah dapat diselenggarakan melalui jalur sekolah maupun jalur luar sekolah. Madrasah diniyah yang diselenggarakan  melalui jalur sekolah terdiri dari tiga jenjang, yaitu; diniyah ula, diniyah wustha dan diniyah ‘ulya. Sementara diniyah yang diselenggarakan melalui jalur sekolah tidak harus berjenjang. Diniyah jalur sekolah ini pada umumnya mendidik siswa yang sudah mengikuti pendidikan pada jalur sekolah. Diniyah yang bersifat suplemen terhadap pendidikan umum ini memberikan pendidikan agama dan bahasa Arab kepada siswa sekolah umum yang bermaksud menambah pendidikan agamanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis melalui rancangan studi kasus. metode pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode wawancara, metode dokumentasi dan metode observasi. penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif, metode deskriptif yaitu metode pembahasan yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristwa dan kejadian yang terjadi pada saat penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Madrasah Diniyah di Madrasah Diniyah Raudhatusshalihin sudah dilaksanakan secara optimal, hal ini dapat dilihat pada: 1) Sejarah Berdirinya Madrasah Diniyah Raudhatusshalihin. 2) Manajemen Kurikulum Madrasah Diniyah Raudhatusshalihin. 3) Manajemen Ketenagaan Pendidikan Madrasah Diniyah Raudhatusshalihin. 4) Manajemen Peserta Didik Madrasah Diniyah Raudhatusshalihin. 5) Manajemen Sarana dan Prasarana Madrasah Diniyah Raudhatusshalihin
Published
2017-10-28
Section
Articles