STRATEGI KEPEMIMPINAN REKTOR IAIN DALAM MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI

  • Muhammad Ghafar

Abstract

Abstrak Penulisan makalah ini ingin memberikan wawasan tentang kajian implementasi manajemen pemasaran di perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri, mengingat dimana perkembangan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dalam beberapa tahun telah mengalami peningkatan, baik secara kelembagaan melalui perubahan status dari STAIN menjadi IAIN maupun IAIN menjadi UIN. Peningkatan status yang terjadi pada PTKI ternyata dibarengi dengan meningkatnya minat masyarakat untuk melanjutkan ke PTKI. Sehingga kompetisi diantara PTKI dalam meyakinkan konsumen pendidikan tidak dapat dihindari, dimana masing-masing PTKI berupaya untuk mencari mahasiswa sebanyak-banyaknya, sehingga strategi marketing yang sebelumnya lebih banyak digunakan dalam bidang bisnis mulai banyak di implementasikan di bidang jasa non profit seperti PTKI. Kemampuan kepemimpinan Rektor IAIN jember dalam membangun STAIN Jember menjadi IAIN Jember dan menjadikan IAIN Jember menjadi perguruan tinggi yang paling banyak diminati oleh para siswa di Jawa Timur setelah UIN Maulana Malik Ibrahim dan UIN Sunan Ampel telah menarik penulis untuk melakukan kajian penelitian di IAIN Jember terkait strategi pemasaran yang dilakukan oleh Rektor IAIN Jember dalam membangun Keunggulan Bersaing IAIN jember. Temuan penelitian diketahui bahwa Strategi kepemimpinan Rektor IAIN Jember dalam membangun keunggulan bersaing IAIN Jember yaitu dengam membuat differensiasi pelayanan pada program studi di IAIN Jember dan Valuable bagi pelanggannya.   Kata kunci: Manajemen Pemasaran, Keunggulan Bersaing, Kepemimpinan Rektor, PTKI
Published
2018-03-09
Section
Articles