KONSEPSI PSIKOLOGI TERHADAP LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM DI SUATU LEMBAGA

  • mat syaifi

Abstract

Dalam pandangan agama Islam, manusia diciptakan dengan memiliki dua unsur pokok, yakni unsur jasmaniah dan unsur ruhaniyah (psikologis). Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Sad Ayat 71-72 yang artinya : “Ingatlah ketika Tuhanmu Berfirman kepada malaikat : “Sesungguhnya aku akan menciptakan manusia dari tanahâ€, maka apabila telah kusempurnakan kejadiannya dan kutiupkan kepadanya ruh (ciptaan) ku : Maka hendaklah kamu bersujud kepada-Nyaâ€. Di dalam lembaga pendidikan, khususnya pendidikan persekolahan psikologi memiliki peranan penting terutama psikologi terapan yang erat kaitannya dengan proses belajar dan mengajar. maka kami memperoleh data sebagai berikut : Konsepsi psikologi terhadap lingkungan pendidikan Islam di suatu lembaga mencakup dua unsur penting yaitu mengetahui kondisi lingkungan Pendidikan dan memahami jiwa perkembangan anak didik/siswa. Implikasi psikologi terhadap pendidikan di lembaga mencakup dua hal yaitu implikasi di dalam kelas dan di luar kelas. Jadi jelas bahwa konsep psikologi terhadap lingkungan pendidikan Islam ada keterkaitannya. Demikian gambaran Ilmiah yang kami bahas semoga bermanfaat.
Published
2018-03-14
Section
Articles