BENTUK-BENTUK PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI MI/SD

  • rima trianingsih

Abstract

Penilaian  autentik  pada pembelajaran tematik terpadu berfokus  pada  pengetahuan melalui  penilaian  output  menjadi  berbasis  kemampuan  melalui  penilaian proses, portofolio dan penilaian output secara utuh dan menyeluruh. Pada implementasinya, instrumen pembelajaran tematik ini dapat dilaksanakan sejalan dengan tema yang diajarkan pada hari tersebut. Pada penilian autentik terdapat beberapa teknik penilaian yang dapat dilakukan di  antaranya: penilaian kinerja, penilaian portofolio, penilaian proyek, dan ujian  tertulis. Penilaian kinerja adalah pengamatan atas kinerja peserta didik perlu dilakukan dalam berbagai konteks untuk menetapkan tingkat pencapaian kemampuan tertentu. Penilaian portofolio merupakan penilaian berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu. Kata Kunci: penilaian autentik, pembelajaran tematik terpadu, MI/SD.
Published
2018-03-15
Section
Articles