PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PESANTREN DALAM PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMP UNGGULAN AL-FALAH PACUL BOJONEGORO
Abstract
Penelitian ini tentang Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren Dalam Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa Di SMP Unggulan Al-Falah Pacul Bojonegoro. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang berjenis studi kasus. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi peran serta, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan model analisis interaktif yang mencakup beberapa komponen yang saling berkaitan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data digunakan perpanjangan penelitian, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian yaitu PAI berbasis pesantren di SMP Unggulan Al Falah Pacul Bojonegoro efektif dan efisien. Dengan pengembangan pendidikan agama Islam yang dipadukan dengan kurikulum pesantren dengan tujuan dalam peningkatan potensi spiritual. Pelaksanaan PAI dimulai dari perencanaan pembelajaran sampai evaluasi yang dirancang oleh guru PAI dengan memadukan materi dinniyyah seperti Tajwid, hafalan qur’an, aswaja, tarikh nabi, tasawuf, aqidah, taqrib ( ilmu fiqih), yang terdapat dalam aspek pembelajaran PAI. Sehingga dengan dipadukan materi tersebut dapat meningkatkan dan tambahnya nilai agama yang lebih detail, tidak hanya PAI secara umum. Keyword: PAI Berbasis pesantren, Kecerdasan Spritual.
Published
2019-02-21
Section
Articles