DESKRIPSI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MELALUI CORE FRAMEWORK PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

  • evita widiyati

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang Pedagogical Content Knowledge yang dimiliki oleh guru Madrasah Ibtidaiyah melalui Core Framework pada implementasi kurikulum 2013. PCK adalah pendekatan yang digunakan untuk melihat kompetensi dan kinerja guru dalam proses pembelajaran yang terdiri dari pemahaman guru mengenai konsep kurikulum, keterampilan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran, mengelola kelas, mendesain dan mempraktekkan metode, media dan evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, angket, tes implementasi K-13 dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan trianggulasi dan analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan langkah–langkah: 1) Tahap Reduksi Data (merangkum/mengumpulkan), 2) Tahap Display Data (menyajikan), 3) Kesimpulan atau Verifikasi (penarikan kesimpulan). Penelitian ini dilakukan di MIN 1 Jombang dengan subjek penelitian guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Dari penelitian ini diharapkan dapat mengetahui kondisi PCK dari Guru MI terkait pelaksanaan kurikulum 2013 dan mampu meningkatkan kualitas Guru MI dalam pembelajaran di sekolah. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Pedagogical Content Knowledge (PCK) yang dimiliki oleh 13 informan yaitu Guru PAI MIN 1 Jombang menunjukkan pengetahuan pedagogik yang baik. Hal ini terlihat dari data yang diperoleh selalu dan sering dari masing-masing aspek menunjukkan persentase di atas 70%. 2) Guru MIN 1 Jombang mampu menguasai aktivitas pembelajaran dan memahami konsep pembelajaran sesuai kurikulum 2013 meskipun masih merasa kesulitan menjelaskan konsep yang abstrak kepada peserta didik tetapi kesulitan ini membawa dampak positif pada persepsi guru bahwa mereka harus meningkatkan kualitas pemahaman konsep dan implementasi pada beberapa materi tersebut mengingat rentang lama pengalaman mereka mengajar di lembaga tersebut, dan 9 dari 13 guru PAI berlatarbelakang program studi Pendidikan Agama Islam sudah sesuai dg kualifikasi akademik. Kata Kunci: PCK, Core Framework, Kurikulum 2013
Published
2019-02-21