RESPON DAN KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBERLAKUAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK AL HIDAYAH WONOREJO PASURUAN

  • sofiyulloh sofiyulloh

Abstract

Belum tercapainya tujuan pendidikan nasional, rusaknya moralitas bangsa dan materi pendidikan yang menekankan aspek kognitif, mengesampingkan aspek afektif dan psikomotorik. Mempersiapkan era globalisasi dengan mempersiapkan generasi emas. Inovasi kurikulum menjadi jalan keluar dengan melaunching kurikulum baru. Untuk mengetahui respon dan kesiapan guru Pendidikan Agama Islam terhadap pemberlakuan Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar guru Agama Islam kelas X MM. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makana itulah ditarik kesimpulan untuk menyusun hasil karya untuk respon dan kesiapan guru Pendidikan Agama Islam di SMK Al Hidayah Wonorejo Pasuruan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi tekhnik dan perpanjangan keikutsertaan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan Kurikulum 2013 mata pelajaran PAI di SMK Al Hidayah Wonorejo Pasuruan dinyatakan telah berjalan dengan baik.(2) Respon guru Pendidikan Agama Islam kelas X MM SMK Al Hidayah Wonorejo Pasuruan sebagai salah satu guru pelaksana Kurikulum 2013 dalam menyambut pemberlakuan Kurikulum 2013 sangat mendukung (3) Kesiapan guru PAI di SMK Al Hidayah Wonorejo Pasuruan terhadap pemberlakuan Kurikulum 2013 yang terdiri dari kesiapan profesional, serta kesiapan pedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap pemberlakuan Kurikulum 2013 dinyatakan siap.   Kata Kunci: Respon, Kesiapan, Guru PAI, Kurikulum 2013.
Published
2019-02-21