APLIKASI METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII A di MTS KHA. WAHID HASYIM BANGIL TAHUN 2018/2019

  • ahmad aris fajaruddin

Abstract

Sejarah Kebudayaan Islam termasuk dalam salah satu materi Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran mata pelajaran sejarah disekolah terkesan monoton, karena bagi setiap peserta didik terkadang dianggap hanya mempelajari masa lalu. hal inilah yang membuat setiap pendidik membutuhkan inovasi dalam menyampaikan materi pembelajaran sejarah didalam kelas. Inovasi pembalajaran yang dilakukan tidak lain untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik. Mata pelajaran sejarah kebudayaan islam tentunya memiliki perhatian khusus dalam penyampaian materinya. Banyak metode pembelajaran, tetapi yang paling penting adalah kesesuaian dalam menggunakan metode tersebut. Kesuksesan belajar peserta didik tidak hanya tergantung pada intelegensi anak saja, akan tetapi juga tergantung pada bagaimana pendidik menggunakan metode yang tepat dan memberinya motivasi. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memberikan motivasi kepada peserta didik diantaranya adalah memberi angka atau nilai. Pemberian nilai dilakukan oleh pendidik ketika mereka selesai ulangan atau menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Cara ini merangsang anak untuk giat belajar. Anak yang nilainya rendah, mereka akan termotivasi untuk meningkatkan belajarnya dan anak yang nilainya bagus akan semakin giat dalam belajar. Maka untuk meningkatkan aktivitas dan semangat belajar diperlukan ketrampilan dan kreativitas pendidik dalam menyampaikan materi yaitu dengan cara penggunaan metode yang tepat dan memotivasi. Kata kunci : metode demonstrasi, motivasi
Published
2019-04-21