Pelaksanaan Variasi Metode Pembelajaran Dalam Upaya Meninggkaktan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Bahasa Arab di SD Bina Anak Shaleh Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Harapan utama dalam proses belajar mengajar adalah siswa dapat mencapai hasil dengan baik. Keberhasilan tersebut bisa ditentukan oleh beberapa faktor antara lain: pendekatan, metode, media, dan sebagainya. Dan disini kewajiban seorang guru bagaimana menciptakan proses pembelajaran yang efektif, dinamis, dan efesien. Metode yang sangat beragam perlu dipertimbangkan untuk dipergunakan dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga kegiatan belajar mengajar tersebut semakin variatif dan berkembang, karena bagaimanapun siswa adalah manusia biasa yang mempunyai watak jenuh dan bosan, manusia selalu ingin adanya variasi dalam berbagai hal yang merupakan kebutuhannya. Maka peneliti mengambil suatu rumusan masalah yaitu, Bagaimana Pelaksanaan variasi metode pembelajaran bahasa Arab, Bagaimana Pengaruh pelaksanaan variasi metode pembelajaran pada materi bahasa Arab terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh personalia yang terlibat aktifitas di SD Bina Anak Sholeh. Sedangkan sampel yang diambil yaitu terdiri dari kepala sekolah,tata usaha, guru, dan siswa kelas III, IV. Dengan jumlah itu peneliti sudah menganggap representatif untuk melakukakan penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, interview, dan penggunaan tes. Data yang diperoleh dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dianalisis dengan kolerasi pre-test-post test, yaitu: t = Adapun dari analisis yang diperoleh dapat diambil kesimpulan metode-metode pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan di SD Bina Anak Shaleh adalah metode qowaid, tarjamah, metode istima’, metode qiro’ah dan metode sam’iyah syafahiyah,dan metode min-mem, Pelaksanaan variasi metode pembelajaran berpengaruh secara sangat signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada materi bahasa Arab. Kata Kunci: Variasi Metode Pembelajaran, Meningkatkan Prestasi Belajar
Published
2019-04-21
Section
Articles