KORELASI METODE PEMBELAJARAN DOSEN DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SALAHUDDIN PASURUAN KELAS A TAHUN AKADEMIK 2018/2019

  • ning mukaromah

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara metode pembelajaran dosen dengan motivasi belajar mahasiswa kelas A program Studi Pendidikan Agama Islam STAI Salahuddin Pasuruan. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (metode pembelajaran dosen) dan variabel terikat (motivasi belajar mahasiswa). Teknik penentuan sampel peneliti menggunakan teknik sampling Probability Sampling: Simple Random Sampling. Jumlah sample dalam penelitian ini sebanyak 42 orang. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya korelasi antara metode pembelajaran dosen dengan motivasi belajar mahasiswa. Nilai korelasi koefesien berada pada angka 0,365 artinya mempunyai tingkat korelasi rendah tetapi signifikan, karena α < 0,50 dapat dijelaskan dengan (Rxy = 0,365 ; Sig = 0,017 < 0,05).
Published
2019-04-20