PERILAKU MUSLIM KONSUMTIF DALAM PERSPEKTIF ETIKA

  • muhammad Muhlis STAI Salahuddin Pasuruan

Abstract

Konsumerisme adalah salah satu aspek yang perlu ditangani dalam mencapai tujuan menjadi negara maju. Dalam ekonomi konvensional, perilaku konsumen mengacu pada bagaimana dia mengalokasikan sejumlah uang pada berbagai jenis barang atau jasa untuk memaksimalkan kepuasan mereka. Namun, Islam sebagai cara hidup yang lengkap bertindak untuk mengontrol dan membatasi perilaku konsumtif tersebut demi mencapai kemakmuran, kedamaian dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Oleh karena itu, kajian ini mencoba untuk menyelidiki etika yang harus dipertimbangkan oleh setiap Muslim dalam memilih, membeli dan menggunakan produk atau jasa apapun yang mengacu pada prioritas kebutuhan, melestarikan dan menjaga maqashid al-syari'ah, sesuai dengan prinsip-prinsip 'halal haram' berdasarkan kualitas, maslahah masyarakat dan praktek moderasi. Ada tiga hal yang mempengaruhi perilaku konsumtif, yaitu: tingkat pendapatan, tingkat kebutuhan, dan lingkungan masyarakat.   Kata Kunci: Perilaku Muslim, Konsumtif, Etika
Published
2020-08-28