INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN MENTAL MELALUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN GURU Di MTs DARUL ULUM KARANGPANDAN KECAMATAN REJOSO KABUPATEN PASURUAN

  • mat syaifi

Abstract

Internalisasi nilai agama Islam merupakan teknik pembinaan agama yang dilakukan melalui internalisasi. Internalisasi  meruapakan pembinaan yang mendalam dan menghayati nilai-nilai relegius  yang dipadukan dengan nilai-nilai pendidikan secara utuh yang sasarannya menyatu dalam kepribadian peserta didik, sehingga menjadi satu karakter peserta didik. Penelitian ini difokuskan pada penginternalisasian nilai-nilai agama Islam dalam pembinaan mental melalui pembiasaan dan keteladanan guru. Banyaknya siswa MTs Darul Ulum Karangpandan yang sudah memiliki alat eletronik khususnya gadget tidak jarang menjadikan para siswa dengan mudah mengakses situs dan membaca artikel-artikel yang belum tentu kebenarannya yang pada akhirnya menjadikan mereka mudah mengikuti perkembangan zaman tanpa diimbangi nilai agama yang kuat sehingga membuat kekhawatiran peneliti dan mendorong untuk menanamkan atau menginternalisasikan nilai-nilai agama Islam dengan melekukan pembinaan mental.  Penelitian untuk mengetahui: Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembinaan mental melalui pembiasaan dan keteladanan guru . Faktor-faktor yang menghambat dan mendukung pelaksanaan internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembinaan mental melalui pembiasaan dan keteladanan guru.Upaya yang dilakukan oleh para guru dalam mengatasi kendala pelaksanaan internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembinaan mental melalui pembiasaan dan keteladanan guru di MTs Darul Ulum Karangpandan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan pendekatan ini, peneliti dapat menjajaki secara lebih mendalam objek yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, interview, dan dokumentasi.   Kata Kunci: Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam, Pembiasaan Dan Keteladanan Guru
Published
2021-05-04