KIPRAH PONDOK PESANTREN DALAM MEMPERBAIKI MORAL ANAK DIDIK

  • nur saman

Abstract

Kehidupan masyarakat yang aman dan tentram, bisa terwujud apabila setiap manusia mempunyai moral yang baik. Maka sejak kecil manusia diajarkan mengenai moral. Moral dapat diperoleh salah satunya dari pendidikan baik disekolah ataupun di pesantren. dikarenakan tujuan pendidikan ialah untuk membentuk sikap moral dan watak masyarakat yang berbudi luhur dan itu bisa dimulai dari generasi muda khususnya murid/santri sebagai dasar pendidikan yang utama, namun pendidikan moral yang diberikan dipesantren atau disekolah tidak banyak merubah kepribadian murid untuk menjadi kepribadian yang lebih baik dan bermoral. Hal ini terbukti dengan banyaknya tawuran para pelajar, kurangnya rasa hormat anak didik kepada gurunya, konsumsi dan peredaran narkoba yang merajalela, rendahnya moral para penyelenggara negara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Sedangkan tekhnik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. informan yang dijadikan sampel diantaranya: pengasuh, ustadz dan santri. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah: a. langkah-langkah Pondok Pesantren dalam memperbaiki moral anak didik dengan menyelenggarakan kegiatan Madin (madrasah diniyah), Nasehat guru, Menyelenggarakan istighasah bersama dan menyelenggarakan shalat dhuha berjamaah, b. kiprah Pondok Pesantren dalam memperbaiki moral anak didik dengan mendatangkan beberapa nara sumber bahwa pondok pesantren telah memberikan yang terbaik melalui kiprahnya kepada anak didik. Pondok pesantren telah memberikan perubahan baik berupa wawasan ilmu agama ataupun dalam kebiasaan hidup para remaja nakal menjadi bermoral khususnya anak didik sudah terbiasa saling menghormati lebih-lebih kepada yang lebih tua.. Kata Kunci: Kiprah Pondok Pesantren, Memperbaiki Moral Anak didik
Published
2022-02-08