ANALISIS PRESTASI BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KARANGPANDAN REJOSO PASURUAN ANGKATAN 2021-2022 YANG BERLATAR BELAKANG PESANTREN DAN NON PONDOK PESANTREN
Abstract
Pondok Pesantren Darul Ulum Karangpandan Rejoso Pasuruan pada jenjang pendidikan Madrasah Aliyah pembelajarannya menggunakan kitab kuning sedangkan santri yang masuk dan mendaftar sekolah di Madrasah Aliyah itu berlatar belakang dari berbagai macam jenjang pendidikan ada lulusan dari pesantren dan ada yang non pondok pesantren. Adapun masalahnya yaitu Apakah ada perbedaan prestasi belajar santri Pondok Pesantren Darul Ulum Karangpandan Rejoso Pauruan Angkatan 2021-2022 yang Berlatar Belakang Lulusan Pondok Pesantren dan Non Pondok Pesantrendan Apa faktor-faktor yang mepengaruhi tercapainya presatasi belajar santri Pondok Pesantren Darul Ulum Karangpandan Rejoso Pauruan Angkatan 2021-2022 yang Berlatar Belakang Lulusan Pondok Pesantren dan Non Pondok Pesantren. Adapun tujuan peneliti adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar santri Pondok Pesantren Darul Ulum Karangpandan Rejoso Pasuruan Angkatan 2021-2022. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data statistik inferensial yang berfungsi menggeneralisasikan hasil penelitian yang dilakukan pada sampel, bagi populasi. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya yaitu penelitian komparasi, karena penelitian ini untuk membandingkan antara dua variabel. Adapun pengumpulan data menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, dokumentasi, wawancara dan kuesioner/angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar nahwu santri yang berlatar belakang pesantren 72,125 dan santri yang berlatar belakang non pondok pesantren 69,5 dapat diketahui adanya perbedaan antara dua sampel yang signifikan. Hal ini berdasarkan analisis yang menyatakan bahwa th adalah lebih besar dari t tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 8,9532659186 > 2,02269. Ini berarti adanya perbedaan prestasi belajar nahwu santri yang berlatar belakang pesantren dan non pondok pesantren. Dalam hal ini secara signifikan santri yang berlatar belakang pesantren berbeda jika di bandingkan santri yang berlatar belakang non pondok pesantren. Ada faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain: faktor perhatian dalam proses belajar mengajar, motivasi, guru dan cara mengajarnya dan faktor latar belakang lulusan.
Published
2022-02-08
Section
Articles